ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PERHOTELAN PADA BEBERAPA HOTEL BINTANG LIMA KUTA - BADUNG

Isi Artikel Utama

I Ketut Sirna
I Wayan Ruspendi Junaedi

Abstrak

ABSTRAK
Analisis Strategi Bauran Pemasaran Jasa Perhotelan Pada Hotel Bintang Lima, Kuta Kabupaten Badung memiliki industri dibidang jasa Perhotelan, Industri hotel dan restoran di Bali diprediksi akan tumbuh sekitar 6% pada tahun 2018. Pertumbuhan industri perhotelan tidak terlepas dari image Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya sebagai salah satu negara tujuan wisata di dunia. Bali merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia yang ditunjang oleh sarana akomodasi berupa penyediaan jasa perhotelan. Hotel Bintang Lima merupakan salah satu hotel bintang lima di Kuta Bali yang menggunakan konsep Green hotel ramah lingkungan. Hotel Bintang Lima yang produktivitasnya belum maksimal melakukan langkah-langkah yang tepat dalam menetapkan strategi pemasaran agar mampu memaksimalkan tingkat hunian, menguasai pasar, dan bersaing dengan sukses, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal yang dimiliki Hotel Bintang Lima, (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal yang dihadapi Hotel Bintang Lima, (3) Merumuskan dan memilih alternatif strategi pemasaran jasa yang tepat bagi Hotel Bintang Lima, berdasarkan analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis dalam penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap pelaksanaan. Tahap pertama adalah tahap masukan (the input stage) dengan menggunakan matriks IFE dan EFE. Tahap kedua adalah tahap pencocokan (the matching stage) dengan menggunakan matriks SWOT. Berdasarkan analisis matriks SWOT,
Tahap ketiga yaitu tahap pengambilan keputusan (the decision stage) dengan menggunakan AHP untuk menetapkan prioritas strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Alat bantu yang digunakan adalah program komputer Microsoft Excel 2010. sehingga nantinya dapat meningkatkan penjualan dan produktivitas hotel.
Kata Kunci: analisis strategi, bauran pemasaran, hotel bintang lima, Kuta, Badung

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sirna, I. K., & Junaedi, I. W. R. (2018). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PERHOTELAN PADA BEBERAPA HOTEL BINTANG LIMA KUTA - BADUNG. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.484
Bagian
Articles