PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP IKLAN DI YOUTUBE DAN PENGARUHNYA PADA PEMBELIAN PRODUK (Focus Grup Disccusion Pada Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura)
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Internet adalah suatu perkembangan teknologi yang digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan internet untuk aktivitas usaha perdagangan elektronik atau E-Commerce. Kegiatan ini dilakukan dengan menampilkan iklan pada Youtube. Permasalahannya adalah iklan pada Youtube dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu sehingga konsumen mengabaikan iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui solusi untuk meningkatkan efektifitas iklan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Teknik penggalian data menggunakan wawancara mendalam (in depht interview), dan Focus Group Disccusion pada mahsiswa program studi system informasi Universitas Dhyana Pura sedangkan analisis data penelitian menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis. Kelompok Mahasiswa ini dipilih karena selain sebagai pengguna internet mereka juga dalam proses penyelesaian studi yang merancang sebuah sistem Hasil didapatkan bahwa iklan yang diabaikan atau di skip adalah iklan yang terlalu monoton sehingga sebaliknya jika iklan dirancang dengan lebih bervariasi dengan menggunakan animasi akan menimbulkan minat pengguna internet untuk memperhatikan iklan tersebut.
Kata kunci: Internet, E-Commerce, Efektifitas, Periklanan, Focus Group Disscusion
ABSTRACT
The internet is a technological development that is used for various purposes. Use of the internet for electronic commerce or e-commerce business activities. This activity is carried out by displaying advertisements on youtube. The problem is that advertising on youtube is considered as something that is annoying so that consumers ignore the advertisement. The purpose of this research is to find out the solution to increase the effectiveness of advertising. The research method used in this study is a qualitative method with interpretive phenomenology approach. Data extraction techniques used in-depth interviews (in depth interviews), and focus group disscusion on students of the information system study program at dhyana pura university while the data analysis of the research used interpretative phenomenological analysis. This group of students was chosen because in addition to being an internet user they were also in the process of completing the study that designed a system. The results found that advertisements that were ignored or skipped were advertisements that were too monotonous so that otherwise if the ad was designed more varied by using animation it would interest internet users to pay attention to the ad.
Keywords: Internet, E-Commerce, Effectiveness, Advertising, Focus group disscusion
Internet adalah suatu perkembangan teknologi yang digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan internet untuk aktivitas usaha perdagangan elektronik atau E-Commerce. Kegiatan ini dilakukan dengan menampilkan iklan pada Youtube. Permasalahannya adalah iklan pada Youtube dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu sehingga konsumen mengabaikan iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui solusi untuk meningkatkan efektifitas iklan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Teknik penggalian data menggunakan wawancara mendalam (in depht interview), dan Focus Group Disccusion pada mahsiswa program studi system informasi Universitas Dhyana Pura sedangkan analisis data penelitian menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis. Kelompok Mahasiswa ini dipilih karena selain sebagai pengguna internet mereka juga dalam proses penyelesaian studi yang merancang sebuah sistem Hasil didapatkan bahwa iklan yang diabaikan atau di skip adalah iklan yang terlalu monoton sehingga sebaliknya jika iklan dirancang dengan lebih bervariasi dengan menggunakan animasi akan menimbulkan minat pengguna internet untuk memperhatikan iklan tersebut.
Kata kunci: Internet, E-Commerce, Efektifitas, Periklanan, Focus Group Disscusion
ABSTRACT
The internet is a technological development that is used for various purposes. Use of the internet for electronic commerce or e-commerce business activities. This activity is carried out by displaying advertisements on youtube. The problem is that advertising on youtube is considered as something that is annoying so that consumers ignore the advertisement. The purpose of this research is to find out the solution to increase the effectiveness of advertising. The research method used in this study is a qualitative method with interpretive phenomenology approach. Data extraction techniques used in-depth interviews (in depth interviews), and focus group disscusion on students of the information system study program at dhyana pura university while the data analysis of the research used interpretative phenomenological analysis. This group of students was chosen because in addition to being an internet user they were also in the process of completing the study that designed a system. The results found that advertisements that were ignored or skipped were advertisements that were too monotonous so that otherwise if the ad was designed more varied by using animation it would interest internet users to pay attention to the ad.
Keywords: Internet, E-Commerce, Effectiveness, Advertising, Focus group disscusion
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Krismawintari, N. P. D. (2018). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP IKLAN DI YOUTUBE DAN PENGARUHNYA PADA PEMBELIAN PRODUK (Focus Grup Disccusion Pada Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura). Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.515
Terbitan
Bagian
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.