STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISAT TAMAN NASIONAL KOMODO DI DESA KOMODO NUSA TENGGARA TIMUR
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Desa Komodo memiliki potensi wisata alam yang layak untuk dikembangkan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan ekowisata TNK di Desa Komodo. Penelitian ini memperoleh data melalui observasi, wawancara dan kuisioner. Teknik penentuan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling yang ditunjukan kepada 20 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang terdiri dari Matrik IFAS/EFAS, Matrik IE dan Matrik SWOT. Hasil penilaian indikator internal kawasan wisata Desa Komodo memperoleh sebelas indikator sebagai kekuatan dan enam indikator sebagai kelemahan, indikator eksternal memperoleh tujuh indikator sebagai peluang dan dua indikator sebagai ancaman. Dari hasil penelitian tersebut, dirumuskan beberapa strategi pengembangan yakni: a) Menata kembali potensi ekowisata yang ada serta mengadakan penyuluhan sadar wisata kepada masyarakat sekitar kawasan, b) Meningkatkan fasilitas transportasi dan informasi serta mengembangkan infrastruktur penujnjang pariwisata, c) Meningkatkan pengawasan dan pelestarian serta meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan bagi wisatawan, d) Meningkatkan promosi dan publikasi tentang TNK serta bekerjasama dengan travel agent dalam mempublikasikan TNK. Berdasarkan beberapa rumusan strategi tersebut, diharapkan kepada pengelolah agar gencar melakukan promosi serta meningkatkan layanan informasi tentang TNK. Selain itu dalam pelestariannya agar memperhatikan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Komodo dan kepada pemerintah agar terus meningkatkan perbaikan dan pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang pariwisata di kawasan TNK serta di Labuan Bajo yang merupakan pintu masuk utama ke Taman Nasional Komodo.
Kata kunci: Strategi pengembangan, Daya Tarik Ekowisata, Taman Nasional, Analisis SWOT
ABSTRACT
Komodo Village has the potential of natural tourism to be developed as a tourist attraction. But there are some things that must be considered in order to attract tourists to visit. The purpose of this research is to find out how the development strategy of ecotourism in Komodo Village. This research obtained data by observation, interview and questionnaire. The sampling technique is based on the purposive sampling shown to 20 respondents. The methode of this research is SWOT analysis consists of IFAS / EFAS Matrix, IE Matrix and SWOT Matrix. The assessment results internal indicators of Komodo Village tourist areas obtained eleven indicators as strength and six indicators as weaknesses. Eexternal indicators obtained seven indicators as opportunities and two indicators as a threat. Based on the research result, be defined several development strategies such as: a) Re-arrange the existing ecotourism potential and conscious tourism awareness to the surrounding community, b) Improving the transportation and information facilities and developing tourism infrastructure, c) Improve supervision and conservation and improve the services quality for tourists, d) Conducting promotion and publication about KNP and cooperate with travel agent to publishing the KNP. Based on some strategy formulation, it is expected to management to intensively conduct promotion and improve information service about KNP. In addition, in its preservation to pay attention its impact on the economic growth of the people of Komodo Village and to the government to improve the development of infrastructure and tourism facilities in the area of KNP and Labuan Bajo which is the main entrance to Komodo National Park.
Keywords: Development strategy, Ecotourism attraction, National Park, SWOT Analysis.
Rincian Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.