Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Taman Denbukit Camping Ground Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Main Article Content

Ni Putu Winya Dewi
I Gede Agus Mertayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, fasilitas, dan media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Taman Denbukit Camping Ground, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di Taman Denbukit Camping Ground dengan mengambil sampel sebanyak 80 responden. Data dianalisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Parsial, Analisis Korelasi Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa (1) daya tarik wisata berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, diperoleh nilai t-hitung 3,156 > nilai t-tabel 1,664 dan signifikansi 0,002 < 0,05, (2) fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, diperoleh nilai t-hitung 4,604 > nilai t-tabel 1,664 dan signifikansi 0,02 < 0,05, (3) media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, diperoleh nilai t-hitung 3,523 > nilai t-tabel 1,664 dan signifikansi 0,001 < 0,05, dan (4) secara simultan daya tarik wisata, fasilitas, dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, diperoleh nilai F-hitung 27,662 > nilai F-tabel 3,32 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa daya tarik wisata, fasilitas, dan media sosial sangat berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Taman Denbukit Camping Ground.

Article Details

How to Cite
Ni Putu Winya Dewi, & I Gede Agus Mertayasa. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Taman Denbukit Camping Ground Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2434
Section
Articles

References

Carr, Caleb T. and Hayes, Rebecca A. 2015. Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P. and Keller, K.L. 2012. Marketing Management. 14th Edition. Pearson Education.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Sangadji, Etta Mamang, Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (1). Yogyakarta: Andi.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi