Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Canggu

Main Article Content

Fiqram Adam Muhammad
I Gusti Bagus Rai
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing terhadap keputusan berkunjung ke Desa Wisata Canggu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert 5 poin. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sedang berada di Desa Wisata Canggu dengan mengambil sampel sebanyak 100 wisatawan menggunakan metode non-probability sampling. Data dianalisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji t. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa influencer marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Desa Wisata Canggu, diperoleh nilai t-hitung 19,918 > nilai t-tabel 1,6 dan signifikansi 0,000 < 0,05, Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa influencer marketing sangat berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Desa Wisata Canggu sebesar 0,705 + 0,645X1. Hasil Uji Determinasi influencer marketing memberikan kontribusi sebesar 80,1% terhadap keputusan berkunjung ke Desa Wisata Canggu.

Article Details

How to Cite
Fiqram Adam Muhammad, I Gusti Bagus Rai, & Ni Putu Dyah Krismawintari. (2023). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Canggu. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). https://doi.org/10.36002/jd.v2i1.2437
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. -Ed. Rev., 14 – Jakarta : Rineka Cipta.

Armano dalam solis,Brian. 2010. Engage: The Complete Guide for Brand and Business to Build, Cultivate, and Measun Succes in the Web, United States, John Wiley & Sons, hlm.263 & 26.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Carr, Caleb T. & Rebecca A. Hayes. 2015. Social Media: Defining, Developing and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23:1, 46-65, DOI: 10.1080/15456870.2015.972282

Cross, Michael. 2013. Social Media Security, 1st Edition: Leveraging Social.

Dewi, Fandeli, & Baiquni. 2013. Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat lokal di Desa Wisata Jatiluwih. Jurnal Kawistara Vol.3.

Dewi, M. H. U., Fandeli, C., & Baiquni, M. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Kawistara, 3(2), 129–139.

Febriana, Nini. 2015. “Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata Pemandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman”. Padang. Universitas Negeri Padang.

Hartanto, Hendry., dan Silalahi, Engelbertha. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness, Functional Brand Image, Dan Hedonic Brand Image dari Produk-Produk Samsung Galaxy. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein. 2010. “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media”. Business Horizons 53(1):59–68.

Kim, J., Fesenmaier, D. R., Johnson, S. L. 2013. “The Effect of Feedback within Social Media in Tourism Experiences.” In Design, User Experience, and Usability: Web, Mobile, and Product Design, edited by A., Marcus. Berlin, Germany: Springer

Morrison, Alastair M., Nurdin Hidayah dan Girda Safitri. 2017. Hanbook Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Center for Tourism Destination Studies (CTDS).

Priyanto. 2012. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta. Gava Media.

Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen dan Bisnis. 2017. Perkembangan Konsep dan Riset E- Business di Indonesia, Surakarta, Ruang Seminar FEB UMS. Editor: Imronudin, (et.,al). Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rianingtias, Himahtuh. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke-27. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, H dan Akbar, P.S. 2016. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Yazdi, F.Z., Ebrahimi, F.H., dan Moradpour, A. 2014. Promoting tourism destination: Heritage, History and Culture in International Tourism. International Journal of Information Technology and Management Studies. 1(1): 1-32.

Yeoh, Brenda S. A., & Kong, Lily. 2012. Singapore’s Chinatown: Nation Building And Heritage Tourism In A Multiracial City. Localities, 2, 117-159.

Zakaria, F., & Suprihardjo, R. D. 2014. Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal Teknik POMITS, 3(2)

Zarella, D. 2011. The Social Media Marketing Book. Sebastopol: ”Reilly media, Inc.