Pengaruh Celebrity Endorsement, Word of Mouth dan Harga terhadap Keputusan Menginap di Wapa di Ume Sidemen, Karangasem, Bali
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i1.2439Keywords:
Celebrity Endorsement, Word of Mouth, Harga, Keputusan MenginaapAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorsement, Word of Mouth dan harga terhadap keputusan tamu menginap di Wapa Di Ume Sidemen, Karangasem, Bali. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 75 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengumpulan data menggunakan koesioner. Data dianalisis menggunakan, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Celebrity Endorsement (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap dengan koefisien regresi b1X1 sebesar 0,249 dengan t – hitung = 2,210 > t – tabel = 1,994 dan signifikansi 0,030 < 0,05. Secara parsial Word of Mouth (X2) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap dengan koefisien regresi b2X2 sebesar 0,365 dengan t – hitung = 4,207 > t – tabel = 1,994 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial harga (X3) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap dengan koefisien regresi b3X3 sebesar 0,309 dan t – hitung = 2,163 > t – tabel = 1,994 dan signifikansi 0,034 < 0,05. Secara simultan Celebrity Endorsement (X1), Word of Mouth (X2), dan harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap (Y) Di Wapa Di Ume Sidemen, Karangasem, Bali dengan F – hitung = 45,660 > F – tabel = 2,78 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Celebrity Endorsement (X1), Word of Mouth (X2), dan harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan menginap (Y) Di Wapa Di Ume Sidemen, Karangasem, Bali.
References
Assauri, S., 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Hair, J. F., M. Hult, T. G., Ringle, C. M. & Sarsted, M., 2014. A Prime on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. California: SAGE Publications. USA.
Kotler, P. & Armstrong, G., 2012. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L., 2012. Manajemen Pemasaran. 13 ed. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L., 2014. Manajemen Pemasaran. 14 ed. Jakarta: Erlangga.
Purwanto & Sukirno, Z., 2014. Komunikasi Bisnis: Konseptual dan Kultural. 1 ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Shidarta, C., 2014. Penggunaan Anggun C. Sasmi Sebagai Celebrity Endorser Dalam Iklan Pantene Versi "Bersinarlah Bersama Anggun". Journal E-Komunikasi, 2(3).
Shimp, T., 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. 8 ed. Jakarta: Erlangga.
Suparyanto & Rosad, 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.
Suryani, T., 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha.
Tjiptono, F., 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.