Meningkatkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Mata Pelajaran (di SMK Wira Harapan)

Main Article Content

Kadek Bagus Alit Mahardika
I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini
Ni Made Erpia Ordani Astuti

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui penerapan model problem based instruction dalam mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan kontinental (Di SMK Wira Harapan). Jenis penelitian ini adalah Penelitian eksperimen one group pretest & posttest dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non probality sampling dengan tehnik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TB 5 di SMK Wira Harapan yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction di kelas XI TB 5 di SMK Wira Harapan berhasil meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada pretest hasil belajar siswa ranah kognitif menunjukan persentase 77%, afektif,psikomotorik 73%. Dan keaktifan siswa menunjukan persentase 75%. Melalui penerapan model Problem Based Instruction, terdapat peningkatan pada nilai hasil belajar siswa ranah kognitif sebesar 84%, afektif,psikomotorik sebesar 84%. Keaktifan siswa terdapat peningkatan sebesar 90%.

Article Details

How to Cite
Kadek Bagus Alit Mahardika, I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini, & Ni Made Erpia Ordani Astuti. (2023). Meningkatkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Mata Pelajaran (di SMK Wira Harapan). JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2441
Section
Articles

References

Arends. (2010). Problem based instruction yang berlandaskan paham konstruktivistik. University of Muria Kudus.

Bloom olahan Anderson. (2014) Membagi Hasil Belajar dalam Tiga Ranah, Jurnal Edukasi dan Sains, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Dewi (2016). Model pembelajaran Problem Based Instruction. Jurnal ilmiah wahana Pendidikan, Universitas Nusa Nipa.

Rousseau dalam Sardiman (2016). Keaktifa siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rika&Niki (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal ilmiah pendidikan biologi. Mendalo indah-jambi Indonesia, Universitas Mulawarman.

Sudjana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Tresna Asriani Safitri (2017) penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, Fakultas Tabiyah dan Keguruan.

Trianto, (2009). Model pembelajaran Problem Based Instruction, oleh Muchlisin Riadi, Jakarta: Kencana.

Wiwi Rusmini (2016). Modul pengolahan dan penyajian makanan kontinental, Jakarta.