Strategi Pengembangan Desa Wisata Mas, Ubud, Gianyar, Bali

Main Article Content

Cindy Frista Filina
I Gusti Bagus Rai Utama
Putu Steven Eka Putra

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan Desa Wisata Mas di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Sebagai desa wisata, Desa Mas memberikan dampak berupa dampak sosial ekonomi, namun dampak tersebut terutama dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat tidak merata karena adanya penurunan jumlah wisatawan., saat pandemi corona melanda dunia. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Mas membangun kembali Desa Wisata Mas serta membantu masyarakat mempromosikan dan memperkenalkan Desa Wisata Mas kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel internal yang berhubungan dengan faktor lingkungan internal dan variabel ekstrinsik yang berhubungan dengan faktor lingkungan eksternal yang mendukung berkembangnya destinasi Desa Wisata Ubud Mas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasional wawancara, dokumen, kuesioner dan teknik analisis SWOT IFAS EFAS untuk mendeskripsikan faktor eksternal dan internal Desa Mas Ubud. Berdasarkan hasil penelitian ini melalui analisis SWOT dan matriks internal dan eksternal, skor IFAS 3,13 dan skor EFAS 3,24 seperti terlihat pada diagram 4.7, lokasi Desa Wisata Mas berada pada posisi growth position yang artinya bahwa daya tarik Wisata Desa Mas berada pada posisi kompetitif yang diharapkan dapat berkembang pesat, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi yang tepat untuk strategi pengembangan pariwisata desa adalah strategi pertumbuhan Mas.

Article Details

How to Cite
Cindy Frista Filina, I Gusti Bagus Rai Utama, & Putu Steven Eka Putra. (2023). Strategi Pengembangan Desa Wisata Mas, Ubud, Gianyar, Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2445
Section
Articles

References

A, Yoeti, Oka. 2013. Pengantar Ilmu Pariwisata Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Agustin, Arinda. 2018. Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya

Chandler. 2014. dalam Yeremias T. Keban. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Chao xi, dkk. 2015. Spatial polarization of villages in tourist destinations: A case study from Yesanpo, China. Journal of Mountain Science. Agustus 2015. Pp 1038-1050. Cooper, dkk. 2015. Tourism, Principles and Practice. Prentice Hall, Harlow.

Darma Putra, I Nym dan I Gede Pitana. 2012. PARIWISATA PRO-RAKYAT (Meretas Jalan Mengentaskan Kemiskinan di Indonesia). Jakarta: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

David, F.R. 2012. Management Strategi: konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12.

David, Fred R, 2014. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Fahmi, Irham. 2013, Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung

Fitriana, Arum. 2017. Strategi Pengembangan Desa Wisata (Studi Kasus di Desa Pulesari). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy.Ireland: NuBooks

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Joshi, Paresh. 2012. “A Stakeholder Networking for Sustainable Rural Tourism Development in Konkan Region of Maharashtra State (India)” Research Paper. Vol. 1, Issue. IX. Narayangaon: College of Agricultural Economics and Marketing

Kemenpar. 2021. “Desa Wisata Mas”, https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/mas, diakses pada 1 april 2022.

Liu Yaping. 2022. Sustainability and Risks of Rural Household Livelihoods in Ethnic Tourist Villages: Evidence from China. Journal of Robotics and Control (JRC) Journal Web. Vol 12 No.1. April 2022. Pp 172-183

Mujanah, Siti dkk. 2015. The Strategy of Tourism Village Development in the hinterland Mount Bromo, East Java.Skripsi. Malang: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (PPPM STIE)

Nuryanti, Wiendu. (2012). Concept, Perspective and Challenges, Laporan Konferensi Internasional Mengenai Pariwisata Budaya. [Online]: http://ejournal.unesa.ac.id/kajian-tentangkesiapandesa-margomulyo/2013 Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (diakses: 30 april 2022)

Pitana, I G. dan Gayatri, P G. 2015. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi. 195 hal

Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Simamora, Henry. 2018.Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia, Jakarta.

Subagyo. 2014. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity.1 (2).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tourism, Bali Government. 2020. “Desa Wisata Mas”. https://disparda.baliprov.go.id/desawisatamas/2020/05/, diakses pada 1 april 2022.

Umar, Husein. 2015. Model Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Gramedia Pustaka, Jakarta, 2001.

Utama, I. G. B. R. & Mahadewi, N. M. E., 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata & Perhotelan. s.l.:CV ANDI OFFSET.

Wahidin, Nur. 2017. Strategi Pengembangan Desa Wisata Gemawang di Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Widnyana, I Ketut. 2020. Strategy for Development of Tourist Village in Bali Island. Skripsi. Denpasar: Universitas Mahasaraswati