Strategi Pengembangan Desa Wisata Pinge Baru, Marga, Kabupaten Tabanan, Bali

Main Article Content

I Wayan Agus Purnawan
I Gusti Bagus Rai Utama
Putu Steven Eka Putra

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Desa Wisata Pinge Baru, Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Yang sebagai salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian ini memakai 10 responden dengan menggunakan alat analisis SWOT dalam pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, mengisi kuisioner, dokumentasi. Variabel internal terdapat aspek 4A yaitu: Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary dengan 12 indikator yang terdiri dari 9 indikator kekuatan dan 3 indikator kelemahan sedangkan variabel eksternal terdapat 5 variabel yaitu: Pesaing, Sosial dan Budaya, Dukungan Pemerintah, Ekonomi dan Keamanan dan 11 indikator yang terdiri dari 8 indikator peluang dan 3 indikator ancaman. Dalam analisis SWOT terdapat matrik IFAS/EFAS, IE dan matrik SWOT hasil IFAS memperoleh nilai 3,47 dan EFAS memperoleh nilai 3,1 matrik IE desa wisata pinge tahun 2022 berada pada kuadran I yaitu pada tahap pertumbuhan. Dengan matrik SWOT diperoleh strategi SO (Strength Opportunities) yaitu Bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal memberikan pelatihan masyarakat untuk pengembangan produk khas desa pinge, ST (Strength Threat) yaitu bekerjasama dengan pemerintah dalam hal pembangunan dan pengembangan wisata baru, agar menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata pinge, WO (Weaknesses Opportunities) yaitu Mengusulkan kepada operator jaringan seluler dan internet supaya dibuatkannya tower sinyal agar meningkatkan kualitas jaringan disana, dan WT (Weaknesses Threat) yaitu Menjaga dan memelihara kelestarian budaya asli pinge. sehingga dalam penelitian ini Desa Wisata Pinge Baru dapat menggunakan semua kekuatan untuk menutupi kelemahan dan mencegah ancaman dengan memaksimalkan peluang yang ada.

Article Details

How to Cite
I Wayan Agus Purnawan, I Gusti Bagus Rai Utama, & Putu Steven Eka Putra. (2023). Strategi Pengembangan Desa Wisata Pinge Baru, Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2446
Section
Articles

References

Abdul, Rivai dan Darsono Prawironegoro. 2015. Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anastasia W., 2019. BAB II Kajian Pustaka: 2.2 Landasan Teori, 2.2.3 Tipe-tipe Strategi. http://repository.stei.ac.id/6582/2/BAB%202.pdf . Diakses 31 Juni 2022

Atik Pranya Dewi N. P., Widya Paramadhyaksa I. N., Prajnawrdhi T. A., 2017. Konsep Tata Kelola Homestay Di Desa Wisata Pinge Kabupaten Tabanan. ISBN 978-602-294-240-5.

Astawa I. P., 2016. Pemberdayaan Desa Wisata Pinge Melalui Produk Unggulan Pariwisata Politeknik Negeri Bali. Jurusan Pariwisata. Politeknik Negeri Bali. Bali

Bali Tours Club., 2020. Desa Wisata Pinge. https://www.balitoursclub.net/desa-wisata-pinge-di-tabanan/ . Diakses 1 Juli 2022

Br Pasi R. K., Sumarsih U., Taufiq Riza., 2020. Strategi Pengembangan Wisata Religi Taman Wisata Iman Sitinjo Kabupaten Dairi. ISSN: 2442-5826 E-Proceeding Of Applied Science: Vol.7, No. 5, Page 1725

Claudia H., 2018. Motivasi Wisatawan Mancanegara Dalam Kegiatan Trekking Di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Jurnal Khasanah Ilmu Vol. ISSN: 2087-0086, hlm 30

Dewey. 2014. BAB II LANDASAN TEORI, 2.1 Strategi, 2.1.1 Definisi Strategi. https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/mbis/2014/jiunkpe-is-s1-2014-31407172-29470-strategi-chapter2.pdf. Diakses 02 Juli 2022.

Diaz. S., 2018. Strategi Pengembangan Desa Wisata Di Kelurahan Jelekong, Kabupaten Bandung. Vol.2, No.2, Jurnal Geografi Lingkungan Tropik, ISSN 2597-9949, hlm. 28-41.

Fajri, K. & Riyanto ES., N. (2016. Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kota Bandung Dalam Meningkatkan Tingkat Kunjungan Wisatawan Asal Malaysia, Tourism Scientific Journal, Volume 1 Nomor 2 1, hlm. 167-183.

Istiqomah, Andriyanto I., 2017. Analisis SWOT Dalam Pengembangan, (Studi Pada Sentra Jenang Di Desa Wisata Kaliputu) Vol. 5, No. 2.

Kedutaan Besar Republik Indonesia 2019. Bali Raih Penghargaan Best Destination of The Year. https://kemlu.go.id/bangkok/id/news/2234/bali-raih-penghargaan-best-destination-of-the-year. Diakses 31 Mei 2022.

Latrini K. B., 2020. Strategi Pengembangan Desa Wisata Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Skripsi. Jurusan Manajemen FEBH. Badung. Universitas Dhyana Pura.

Mega I.M., Purnawan N.L.R., dan Suartini N.W., 2018. Rekonstruksi Seni Tradisi Bumbung Gebyog Untuk Menunjang Desa Wisata Pinge Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Volume 17 nomor 1. Hlm, 84.

Sudiarta, I. N., Wirawan P.E., 2018. Daya Tarik Wisata Jogging Track. Badung: Nilachakra.