Strategi Pengembangan Pariwisata di Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Main Article Content

Prisca Yuniar Sigo
I Gusti Bagus Rai Utama
Sidhi Bayu Turker

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Pariwisata di Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT yang melibatkan 10 responden dalam penyebaran kuesioner. pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.  Analisis variabel Internal Meliputi 4A yaitu Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary. dan Variabel Eksternal yaitu Pemerintah, Pesaing, Keamanan dan Kenyamanan, Sosial dan Ekonomi. Dari hasil kuesioner menunjukan bahwa pada variabel internal terdapat 11 indikator kekuatan, dan 11indikator kelemahan, sedangkan pada variabel eksternal terdapat 4 indikator peluang, dan 4 indikator ancaman. pada analisis matrik IFAS dan EFAS menunjukan hasil perhitungan skor yaitu IFAS sebesar 2,735 dan EFAS sebesar 2,841 menggambarkan bahwa Pariwisata di Pulau Lembeh berada pada kuadran V yaitu posisi Pertumbuhan. dari analisis SWOT yang dilakukan, strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan Pariwisata di Pulau Lembeh yaitu ‘Strategi SO’ yang dapat dilakukan dengan cara meningkatkan sarana, media, kegiatan publikasi dan promosi. Strategi ST yaitu meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan khusus, dan melakukan pembinaan dan keterampilan kepada masyarakat dalam berwirausaha. Sedangkan Strategi WO yaitu dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas jalan, membangun jaringan telekomunikasi, membangun warung atau kios di kawasan Objek Wisata, memperhatikan kelayakan, kebersihan, dan perawatan fasilitas, membangun layanan informasi. Dan Strategi WT yaitu bekerja sama antar kelurahan untuk membangun visitor center di Pelabuhan Kota Bitung sebagai pusat informasi untuk memberikan pelayanan informasi terkait Pariwisata di Pulau Lembeh kepada wisatawan.

Article Details

How to Cite
Prisca Yuniar Sigo, I Gusti Bagus Rai Utama, & Sidhi Bayu Turker. (2023). Strategi Pengembangan Pariwisata di Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2450
Section
Articles

References

Ayuni, Very. 2019. Pengaruh Tangible dan Daya Tarik Terhadap Kepuasan Pengunjung pada Pantai Sari Ringgung Lampung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Lampung: Universitas Darmajaya

Barreto, M., dan Giantari, I.G.A.K. 2015. Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Panas di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 4 No. 11. pp. 773-796.

Chairunnisa, A. Nurhidayah. 2019. Analisis SWOT untuk Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Parang Ijo di Kecamatan Ngargoyoso. Skripsi: Jurusan Ilmu Teknik Industri. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ginting. 2017. Persepsi Masyarakat Tentang Pengembangan Pariwisata Pulau Lembeh (Studi di Kecamatan Lembeh Selatan Kota Bitung). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Unsrat. Vol. 3 No 46.

Nurfadilah, Afsari Khairunnisa. 2017. Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Pangandaran (Studi kasus di Kabupaten Pangandaran) Skripsi. Lampung: Universitas Lampung

Lukmandono. 2015. Analisis SWOT untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing di Sektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Moleong, LJ. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, LJ. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pradana, Rezza. 2016. Analisis Program Pembangunan Desa Wisata Wonolopo di Kota Semarang. Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pratiwi. 2017. Strategi Pengembangan Kawasan Ekowisata di Pulau Lembeh (Studi Kasus: Kelurahan Pandean, Kelurahan Pasir Panjang dan Kelurahan Dorbolaang). Vol. 4 No 3. pp. 245-256.

Rangkuti. 2013. Analisis SWOT. Teknik Membedah Kasus. Jakarta: Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2016. Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supono, Lane D, dan Susetiono. 2014. Echinoderm Fauna of the Lembeh Strait, North Sulawesi: Inventory and Distribution Review. Mar. Res. Indonesia. 39 (2)

Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: ANDI

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2016. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: ANDI