Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Elisabeth Bernadeta Goda
  • Eka Putri Suryantari
  • Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i1.2454

Keywords:

kecedasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, pemahaman akuntansi

Abstract

Akuntansi merupakan pelajaran yang sangat penting didalam kehidupan sehari-hari. Kerena akuntansi menyangkut dengan informasi perhitungan pengeluran dan masukan bagi yang memerlukan.untuk memahami akuntansi harus dapat memiliki kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional,kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada  mahasiswa, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika,Bisnis dan Humaniora Universitas Dhyana Pura Tahun 2018-2021. Populasi dari penelitian ini 180 orang yang merupakan mahasiswa aktif tahun 2018- 2021dan sampel yang diambil sebanyak 72 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunaka regresi linear berganda dan  moderated regression analysis ( MRA). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa secara parsial kecedasan emosional dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Dan secara silmutal pengaruh kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi.

References

Azhar. 2018." Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Medan".Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota1(3): 82-91.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Herlinda, Mareta Victorya Suzan. 2015. Digital Repository Universitas Jember Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2011 Universitas Jember).

Putri, Dkk.2020. “Influence of Intellectual/Emotional/Spiritual Intelligence, Independence, and Tri Hita Karana on Auditor Performance.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 15(1): 85.

Praptiningsih. 2016, Hubungan Keefektifan Guru dalam Mengajar dan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akuntansi (Studi Pada SMA Ardjuna 1 Malang). Malang: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Saputra.2018. "Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)". Jurnal Riset Akuntansi 1: 1-15

Zakiah, Farah. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di Universitas Jember). Skripsi. Universitas Jember.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Elisabeth Bernadeta Goda, Eka Putri Suryantari, & Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Moderasi. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). https://doi.org/10.36002/jd.v2i1.2454