Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Taman Wisata dan Angkringan Sibitrem, Madiun, Jawa Timur

Main Article Content

Gabriella Edward
I Gusti Bagus Rai Utama
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen yang berkunjung ke Taman Wisata dan Angkringan Si Bitrem. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Metode sampling yang digunakan yaitu simple random sampling, dimana responden dipilih secara acak yang merupakan konsumen di Taman Wisata dan Angkringan Sibitrem tanpa ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Setelah data terkumpul, kemudian diuji menggunakan teknik analisis faktor dengan taraf signifikansi sebesar 5 %. Hasil pengujian pertama menunjukan dari 17 variabel awal yang digunakan terdapat 1 variabel yang tidak memenuhi persyaratan untuk membentuk faktor, maka dilakukan pengujian kembali dari awal dengan menggunakan 16 variabel. Dari 16 variabel yang diuji terdapat dua buah faktor yang terbentuk, yaitu faktor utama yang diberi nama faktor Pelayanan dan Promosi dan faktor pendukung yang diberi nama faktor porsi dan harga. Faktor Pelayanan dan Promosi memiliki pengaruh dominan signifikan terhadap kepuasan konsumen yang berkunjung ke Taman Wisata dan Angkringan Sibitrem. Hal ini dibuktikan dengan eigenvalues yang didapatkan sebesar 9.689 dan mampu menjelaskan faktor sebanyak 60.556 % model variasi. Sedangkan faktor kedua yaitu faktor porsi memiliki eigenvalues sebesar 1.117 dan mampu menjelaskan faktor sebanyak 6.984 % model variasi.

Article Details

How to Cite
Gabriella Edward, I Gusti Bagus Rai Utama, & Ni Putu Dyah Krismawintari. (2023). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Taman Wisata dan Angkringan Sibitrem, Madiun, Jawa Timur. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2456
Section
Articles

References

Kotler, P. dan Keller, K.L., 2012. Marketing Management. Edisi 14. New Jersey, Prestice Hall: Pearson Education Limited.

Lasander, C., 2013. Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Nugraheni, K.S. dan Octafian, R., 2020. Analisis Kepuasan Konsumen di Restoran Canting Semarang., JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 5(2), pp. 45–52.

Nurdiyanto, A.D. dan Kurniawan, D.D., 2020. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara online Berbasis E-Commerce. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 7(1), pp.61-71.

Prasetyo, A., 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sosialitas; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 6(2).

Putra, K.A.G.K. dan Seminari, N.K., 2020. Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kewajaran Harga Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan The Old Champ Café. E-Jurnal Manajemen, 9 (10)

Suastuti, N.L., 2012. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Terhadap Produk Freestanding Restaurant di Kawasan Pariwisata Nusa Dua Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), pp.109-222.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suteja, I.W. dan Wahyuningsih, S., 2019. Strategi Pengembangan Potensi Kuliner Lokal dalam Menunjang Kegiatan Pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kabupaten Lombok Tengah. Media bina ilmiah, 14(2), pp.2035-2042.

Utama, I.G.B.R., 2016. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Hospitalitas. 1st edn. Denpasar: Pustaka Larasan.

Yudisthira Djumali, M., 2019. Menelusuri Cita Rasa Kuliner Kota Madiun.