Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini berusaha mengungkapkan bagaimana perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL berbantuan media interaktif. Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran yang kurang inovatif dan masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tipe one group pretest posttest yang dilakukan pada siswa kelas X Kuliner 1 di SMK Wira Harapan. Teknik sampling menggunakan purposive sumpling. Jumlah responden berjumlah 41 siswa yang terdiri dari laki-laki 25, dan perempuan 16 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan metode kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada pretest rerata kemampuan berpikir kritis yang diperoleh sebesar 82.02, sedangkan pada posttest diperoleh sebesar 88.66. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 6.64. Pada pretest rerata hasil belajar yang diperoleh sebesar 71.46, sedangkan pada posttest diperoleh sebesar 83.15. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 11.69. Hasil uji paired sample t-test yang membandingkan antara pretest-posttest kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan pada hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Devi, L. S. (2020). Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Sleman, D.I Yogyakarta Dengan Pendekatan Arsitektur Ekologi. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Ennis, R. (1995). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.
Indriani, L., Haryanto, H. ., & Gularso, D. (2022). Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2): 214–222.
Kurniawan, I. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa. S1 Thesis. FKIP UNPAS.
Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1): 47–55.
Riowati, & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1): 1-16.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung :Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Sukartini, N. N. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan evaluasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1): 73–82.
Sundari, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menungkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Ar-rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. S1 Thesis. Universitas Muhammadiyah.
Yenti & Pebriyenni. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn KELAS XI di SMKN 1 PADANG PANJANG. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2): J214–225.
Yuniasih, N. N., Diarini, I. G. A. A. S., & Sentosa, I. P. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa, Minat Berwirausaha dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Online pada Mapel Pengolahan Penyajian Makanann Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII T. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1): 32–43.
Zunika, Achmad, W. K. S., & Rahim, A. (2022). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa SD N 18 Pangkal pinang. Global Journal Teaching Professional, 1(1):1–18.