Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Role Playing Berbantuan Media Audiovisual pada Mata Pelajaran Front Office

Main Article Content

Agnes Monica Sabuna
Putu Andyka Putra Gotama
I Wayan Suryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar dan hasil belajar melalui penerapan model Role Playing berbantuan media audiovisual pada mata pelajaran front office. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Perhotelan 1 di SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan yang berjumlah 31 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan, pada pretest minat belajar diperoleh rerata sebesar 60.48, sedangkan pada posttest diperoleh rerata sebesar 84.84. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan nilai sebesar 24. Pada pretest hasil belajar diperoleh rerata sebesar 73.59, sedangkan pada posttest diperoleh rerata sebesar 84.41. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan nilai sebesar 10.82. Hasil uji paired sample t-test yang membandingkan antara pretest-posttest minat belajar menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar melalui penerapan model role playing berbantuan media audiovisual. Pada hasil belajar menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model role playing berbantuan media audiovisual

Article Details

How to Cite
Sabuna, A. M., Gotama, P. A. P., & Suryanto, I. W. (2024). Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Role Playing Berbantuan Media Audiovisual pada Mata Pelajaran Front Office. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(3), 21–30. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/3480
Section
Articles

References

Aisyah, R., & Muliati, I. (2023). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa. An-Nuha, 3(3), 343–351. https://doi.org/10.24036/annuha.v3i3.416

Attribution, C. C., & License, I. (n.d.). Application of Role Playing Learning Model to Improve Science Learning Outcomes Lamiadi Guru Kelas VI SD Neg. 66 Mambo.

Azis, A. O., Nadira, N., & Irawan, S. S. D. (2019). Media Audio-Visual: Upaya Mengatasi Perbedaan Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 218–221.

Car, A., Trisuchon, J., Ayaragarnchanakul, E., Creutzig, F., Javaid, A., Puttanapong, N., Tirachini, A., Irawan, M. Z., Belgiawan, P. F., Tarigan, A. K. M., Wijanarko, F., Henao, A., Marshall, W. E., Chalermpong, S., Kato, H., Thaithatkul, P., Ratanawaraha, A., Fillone, A., Hoang-Tung, N., … Chalermpong, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Indikator pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas VI Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom di SD Negeri 72 Kota Bengkulu. International Journal of Technology, 47(1), 100950.

Crystallography, X. D. (2016). Indikator Minat Belajar Siswa. 1–23.

H Kara, O. A. M. A. (2014). BAB II Kajian Pustaka Model Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Irma, S. A. (2017). Pengaruh Media Komik dengan Role Playing terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa di MAN 1 Sigli. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2478/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2478/1/SKRIPSI.pdf

Iswanto. (2016). Analisi Persepsi Dosen Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Dosen Fakultas Ekonomi UMN). Jurnal Ekonomi Islam IV, 2, 436–456.

Mulyana, A., Hidayat, S., Antara Persepsi, H., Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN, D., & Mulyana SMPN, A. (2013). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI, MINAT, DAN SIKAP SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn RELATIONSHIP BETWEEN PERCEPTION, ATTITUDES AND INTERESTS OF STUDENTS WITH STUDENT LEARNING OUTCOMES IN LEARNING CIVICS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(2), 315–330.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Ramiati, E., Mashuri, I., & Wariyani, D. (2022). Pengaruh Penerapan Media Konkret Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Mi an-Nidhom Kebunrejo Genteng. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 60–72.

Sandra, A., Huta Uruk, F., & Khaidirman. (2024). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMK Negeri 4 Kerinci. Journal on Education, 06(02), 13057–13071.

Wijayanti, D. A. (2019). Modul operasional kantor depan hotel (okd). Book, 11. https://www.google.co.id/books/edition/Kantor_Depan_Hotel/vhn9DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

Winarti, T. (2017). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(9), 194377.