Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Team Games Tournament Berbantuan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Housekeeping
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X Perhotelan 4 pada mata pelajaran housekeeping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas, dan hasil belajar melalui penerapan model TGT berbantuan media audio visual pada mata pelajaran housekeeping. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan 4 di SMK Pratama Widya Mandala Badung yang berjumlah 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi perbedaan pada pretest aktivitas diperoleh rerata sebesar 35.76, sedangkan pada posttest diperoleh rerata sebesar 43.20. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 7.44. Pada pretest hasil belajar diperoleh rerata sebesar 72.41, sedangkan pada posttest diperoleh rerata sebesar 85.12. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 9.71. Hasil uji paired sample t-test yang membandingkan antara pretest-posttest aktivitas menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar melalui penerapan model TGT berbantuan media audio visual. Pada hasil belajar menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model TGT berbantuan media audio visual. Guru diharapkan mampu menguasai model TGT (Team Games Tournament) dengan baik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana. Siswa diharapkan lebih aktif, termotivasi, dan tekun dalam mengikuti pembelajaran baik teori maupun praktik, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Geminastiti, K. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 67–71.
Gilbert, M., Sentosa, I. P. P., & Erpia, N. M. (2022). Learning Model STAD In Improving Student Activity And Learning Outcomes In Food Science Lesson Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga , Universitas Dhyana Pura , Bali ,. 1(2), 107–118.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.54437/Irsyaduna.V1i1.236
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumua, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.
Nirwasita, J., Seprina, R., Indah, M., & Jambi, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournaments ( TGT ) Berbasis Fotografi Bukti Peninggalan Sejarah Pada Tingkat SMA. 3(2), 73–82. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7110810
Rahmadenti, T. A., & Afrila, D. (2022). Pengaruh Perhatian Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Sikap Belajar Siswa Di Kelas Xi Perhotelan Smk Negeri 4 Kota Jambi. Journals Of Economic Education, 1(April), 125–140.
Roidah, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Permainan Ludo Akuntansi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Ak Smk Negeri 1 Sinjai. X.
Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69–78. Https://Doi.Org/10.23887/Jptm.V8i2.27599
Sanip, Syamsuri. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar. 4(2).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,CV.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V2i1.878