Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Table Set-Up di SMK Wira Harapan

Authors

  • Dewa Ayu Mirah Syahrani Universitas Dhyana Pura
  • Putu Andyka Putra Gotama Universitas Dhyana Pura
  • I Wayan Suryanto Universitas Dhyana Pura

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Video Tutorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran video tutorial table set-up di SMK Wira Harapan. Jenis penelitian adalah eksperimen jenis nonequivalent control group design yang dilakukan pada siswa kelas XI Kuliner 1 dan XI Kuliner 2 di SMK Wira Harapan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Jumlah responden 42 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, angket, tes perbuatan, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pada pretest kelas eksperimen yang mana rerata minat belajar sebesar 86.00 dan pada posttest setelah mendapatkan perlakuan diperoleh sebesar 101.24. Sedangkan, pada pretest kelas kontrol yang mana rerata minat belajar sebesar 86.67 dan pada posttest tanpa diberikan perlakuan hanya diperoleh sebesar 91.90. Dari hasil pengukuran tersebut terdapat peningkatan skor kelas eksperimen sebesar 15.24 dan kelas kontrol sebesar 5.23. Pada pretest kelas eksperimen yang mana rerata hasil belajar sebesar 75.24 dan pada posttest setelah mendapatkan perlakuan diperoleh sebesar 90.00. Sedangkan, pada kelas kontrol pretest hasil belajar diperoleh rerata sebesar 76.19 dan pada posttest tanpa diberikan perlakuan hanya diperoleh sebesar 78.81. Dari hasil pengukuran tersebut terdapat peningkatan skor kelas eksperimen sebesar 14.76 dan kelas kontrol sebesar 2.62. Hasil uji independent sample t-test yang membandingkan posttest minat belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.

References

Adiar, A. Y. (2020). Implementasi Video Tutorial Sebagai Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pokok Membangun Jaringan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan ( Tkj ) Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Al-Islam Surakarta. https://lib.unnes.ac.id/31071/1/1102412119.pdf

Arif, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pemahaman Produk Perbankan Syariah.

Arsi, A. (2021). Langkah-Langkah Uji Validitas Reabilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS. 1–8.

Nurhidayati. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Pembuatan Hiasan Siswa Kelas Xi Smk Negeri 3 Tebing Tinggi. Pesona., 1(2), 1–6. https://doi.org/10.24114/pesona.v1i2.29236.

Susanti, S., Ambiyar, A., Nurdin, H., & Nabawi, R. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 38–44. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.218.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Syahrani, D. A. M., Gotama, P. A. P., & Suryanto, I. W. (2024). Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Table Set-Up di SMK Wira Harapan. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(3), 53–66. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/3486