Penerapan Model Decision Making untuk Meningkatkan Minat, Kreativitas, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tata Hidang

Authors

  • Dewa Putu Ebik Mahayana Universitas Dhyana Pura
  • I Putu Pranatha Sentosa Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made Erpia Ordani Astuti Universitas Dhyana Pura

Keywords:

Model Pembelajaran Decision Making, Minat, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat, kreativitas dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI K 1 SMK Restumuning dalam mata pelajaran Tata Hidang, dengan menggunakan model pembelajaran Decision Making. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran Decision Making dapat meningkatkan minat, kreativitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rerata minat belajar siswa 63,5%, sedangkan pada siklus II menjadi 86,1%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 22,6%%. Rerata kreativitas belajar siswa 63,6%, sedangkan pada siklus II menjadi 80,4%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 16,8%% Hasil belajar pada siklus I rerata ketuntasan belajar sebesar 71,7%, sedangkan pada siklus II 81,6%, dengan demikian terjadi peningkatan 9,9%. Pada ketuntasakan klasikal siklus I mencapai presentase rerata sebesar 18,2%, sedangkan pada siklus II menjadi 87,9% terjadi peningkatan sebesar 69,7%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat kreativitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Tata Hidang siswa kelas XI K 1 SMK Restumuning dapat ditingkatkan dengan model Decision Making.

References

Achsani, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making Terhadap Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X Pada Konsep Perubahan Lingkungan. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Malau, S. I. (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Decision Making Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI OTKP di SMK PAB 2 Helvetia. Skripsi Dipublikasikan, Universitas Negeri Medan.

Rahmadenti, T. A., Afrila, D. (2022). Pengaruh Perhatian dan Motivasi Orang Tua terhadap Sikap Belajar Siswa di Kelas XI Perhotelan SMK Negeri 4 Kota Jambi. SJEE: Scientific Journal of Economic Education, 6(1).

Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan Industri dalam Pembangunan Kurikulum pada Tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3). http://dx.doi.org/10.37081/ed.v11i3.4771

Sofwan, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making Di Mi Al Islam Kalijoso. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3(2).

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Mahayana, D. P. E., Sentosa, I. P. P., & Astuti, N. M. E. O. (2024). Penerapan Model Decision Making untuk Meningkatkan Minat, Kreativitas, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tata Hidang. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(3), 67–78. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/3487