Perbedaan Kreativitas dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Pratama Widya Mandala Badung

Main Article Content

Ni Kadek Ayu Puspita Dewi
I Wayan Suryanto
Ni Made Erpia Ordani Astuti

Abstract

Pada hasil observasi mata pelajaran Tata Hidang terlihat bahwa kreatiivitas belajar dan hasil belajar siswa masih rendah. Padahal jika di telaah lagi, kreativitas belajar dan hasil belajar merupakan dua komponen yang saling berhubungan, sebab dituntut adanya kreativitas belajar supaya tercapainya hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran tata hidang. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimental design), desain penelitian eksperimen ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yaitu total sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kuliner 3 dan XI Kuliner 4 di SMK Pratama Widya Mandala Badung yang berjumlah 76 orang. Dengan teknik analisis yaitu Analisis yang digunakan untuk uji hipotesis penelitian yaitu uji beda atau uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat perbedaan kreativitas melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Tata Hidang. Sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Dalam kelas XI di SMK Pratama Widya Mandala Badung, kreativitas siswa telah berkembang pesat melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran Tata Hidang. Dengan memanfaatkan gambar-gambar yang menggambarkan langkah-langkah pelipatan serbet, siswa telah menemukan cara baru untuk mengekspresikan ide-ide dan konsep-konsep dalam konteks kuliner terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Tata Hidang. Sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Pada kelas XI di SMK Pratama Widya Mandala Badung, penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam mata pelajaran Tata Hidang telah menghasilkan beragam perubahan positif dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah peningkatan keterampilan visual siswa melalui gambaran langkah-langkah pelipatan serbet secara visual. Ini membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik dan meningkatkan daya ingat mereka. Selain itu, model ini juga mendorong kreativitas siswa dalam menyajikan gambar-gambar dengan cara yang menarik.

Article Details

How to Cite
Dewi, N. K. A. P., Suryanto, I. W., & Astuti, N. M. E. O. (2024). Perbedaan Kreativitas dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Pratama Widya Mandala Badung. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(3), 85–96. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/3490
Section
Articles

References

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdani, R. M., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X APK Di SMK 2 Krian. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2).

Ibrahim, Andi (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Indonesia Siswa SMK Negeri 1 Tarakan pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Musannif: Education and Teacher Training Studies, 4(1). https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i1.59

Kobandaha, P. E., Tonra, W. S., & ... (2022). Development Of Digital Media and Ludo Eksponen To Improve Learning Outcomes Of Grade IX Junior High School Student. Dan Pembelajaran https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/ Alifmatika/article/view/2136

Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK Negeri 7 Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(2), 277–288.

Nurhabibah, H., & Barus, M. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Video Dan Media Gambar Dalam Pembelajaran Table Set Up Terhadap Hasil Belajar Table Set Up SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Garnish: Jurnal Pendidikan Tata Boga, 3(2).

Tampubolon, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament, 3(1). https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i1.1385

Triton, P. (2006). SPSS 13.0 Terapan; Riseet Statistik Prarametik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.