Perbedaan Keaktifan dan Hasil Belajar melalui Model Team Games Tournament berbantuan Media Wordwall pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Kuliner di SMK Nusa Dua
Keywords:
Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament), Keaktifan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa melaui penerapan model TGT berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen tipe non-equivalent control group design yang dilakukan pada siswa kelas X Kuliner 1 dan kelas X Kuliner 2 di SMK Nusa Dua. Teknik sampling penelitian menggunakan purposive sampling. Responden penelitian ini berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis adalah Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada pretest di kelas eksperimen yang mana rerata keaktifan diperoleh sebesar 75, dan pada post-test diperoleh sebesar 81. Sedangkan pada pretest kelas kontrol, rerata keaktifan diperoleh sebesar 66, dan pada post-test diperoleh sebesar 67. Dari hasil pengukuran, terdapat peningkatan skor pada kelas eksperimen sebesar 6, dan pada kelas kontrol sebesar 1. Pada pretest kelas eksperimen rerata hasil belajar memperoleh nilai 73.79, dan pada post-test diperoleh sebesar 86.54. Sedangkan pada pretest kelas kontrol rerata hasil belajar diperoleh sebesar 74.29, dan pada post-test diperoleh sebesar 77.12. Dari hasil pengukuran tersebut, terdapat peningkatan skor pada kelas eksperimen sebesar 12.75 dan pada kelas kontrol sebesar 2.83. Hasil uji Independent Sample T-Test yang membandingkan post-test keaktifan menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dengan signifikansi sebesar 0.004 dan 0.003 < 0.05, dan pada hasil belajar menunjukkan terdapat perbedaan nilai rerata pada kelas eksperimen sebesar 86.38 dan 77.00 pada kelas kontrol yang artinya keaktifan dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model TGT berbantuan media Wordwall lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional.
References
Cahyasari, D. S., Irbah, F. N., Aisyah, N., & Faradila, R. (2024). Pengaplikasian Model Gagne-Briggs Dalam Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1), 202–217.
Hadi, A., Karim, & Danaryanti, A. (2020). Analisis self concept, keaktifan, dan hasil belajar matematika siswa smp. Konferensi Nasional Pendidikan, 1, 1–5.
Hendra, A. A. U., Jaedun, A., & Prihadi, W. R. (2020). Pola Pembelajaran Teaching Factory Pada Program Keahlian Teknik Furnitur Di Smk Negeri 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 124–138. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36347
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.
Indah Ayu Lestari, Hermansyah Amir, S. R. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia. Alotrop Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 1(2), 113–116.
Karwanto. (2023). Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Pembelajaran.
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka. 1–23.
Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623
Manurung, N. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Denganmodel Kooperatif Team Games Tournament Dan Blended Learning Di Kelas X Sma Negeri 3 Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan …, 5(1), 1–11.
Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.
Miguel, O. :, Sagay, I., Dotulong, L. O. H., Lumintang, G. G., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Manajemen, J. (2022). Comparative Analysis of Employee Performance Asn and Thl At Uptd Region 1 Puprd Office of North Sulawesi Province. 10(2), 610–619.
Palupi, R., Yulianna, D. A., & Winarsih, S. S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.36596/jitu.v5i1.494
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42.
Rosmalah, R., Sudarto, S., & Hur’ainun, K. (2022). Hubungan antara Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 334. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.36522
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507.
Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. 8(3), 634–638.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.