Strategi Pemasaran Villa Insta Bali dalam Mengoptimalkan Tingkat Hunian di Era Digital
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Villa yang dilengkapi akses online, khususnya di media sosial, berpeluang memperoleh keuntungan dari segi inovasi, kesempatan kerja , daya saing dan segi pendapatan. Namun, penerapan digital marketing belum disadari oleh Villa Insta Bali. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran Villa Insta salam mengoptimalkan tingkat hunian di era digital. Penelitian ini melibatkan 10 orang responden. Terdapat dua jenis kuisioner yaitu pembobotan dan penilaian. Melalui analisis matriks IFAS dan EFAS mendapat hasil perhitungan IFAS sebesar 3,21 dan EFAS 3,04 yang berarti Villa Insta Bali berada pada kuadran I yaitu pada posisi pertumbuhan. Strategi SO: menjaga hubungan dengan masyarakat sekitar, memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, memanfaatkan kebijakan pemerintah bebas visa untuk kunjungan singkat, mengembangkan fasilitas dan pelayanan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi tamu. Strategi ST: menyediakan informasi buat wisatawan tentang peraturan yang berlaku, menyediakan fasilitas dengan berbagai varian harga. Strategi WO: bekerja sama dengan masyarakat setempat terutama pada keamanan sekitar, mempromosikan kemudahan akses dalam negeri, memberikan pelatihan kepada karyawan secara rutin dan konsisten. Strategi WT:memanfaatkan promosi yang disediakan oleh pemerintah seperti portal web yuk.com, menyesuaikan harga secara fleksibel dan memberikan paket promo untuk mempertahankan konsumen, memberikan harga special untuk tamu yang sering menginap di Villa Insta dan menjadikan Villa Insta sebagai villa rekomendasi kepada keluarga ataupun teman dari tamu yang pernah datang. Berkompetisi dengan cara membedakan diri dengan produk unik dan berkualitas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, (April 2015), 327–337.
Ascharisa, M. A. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Riset Komunikasi, 1, 147–157.
Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 193-200.
Kannan, P. K., & Hongshuang, A. L. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.
Mohamad, T.F., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54.
Nursatyo & Dini, R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46.
Prasetyo, D.S., Fahimatul, U., & Mustaqim. (2020). Pengenalan Google MyBusiness untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada PengenalanGoogle My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era Ecommerce & Media Sosial. Jurnal Pengabdian Balerang.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81-92.