Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa Universitas Dhyana Pura
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Minat merupakan suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk menghetahui dan mempelajari maupun membuktikannya lebih lanjut. Minat sangat besar pengaruhnya dengan aktivitas yang dilakukan khususnya bagi seseorang yang sedang melakukan aktivitas investasi atau dalam proses pembelajaran untuk menambah pengetahuannya mengenai investasi. Rendahnya minat investasi masyarakat karena kurangnnya pengetahuan dan persepsi risiko untuk berinvestasi di pasar modal, oleh karena itu pemerintah melalui Bursa Efek Indonesia perlu mengadakan berbagai seminar atau kampanye “yuk nabung saham” dalam rangka meningkatkan jumlah investor yang ada dipasar modal Indonesia. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Dhyana Pura, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, program studi Akuntansi. Populasi dari penelitian ini berjumlah 190 mahasiswa yang masih aktif kuliah, yang telah lulus mata kuliah pasar modal dan sampel yang diambil sebanyak 128 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi di pasar modal dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi dipasar modal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdul, Z., Nukman, M., Haiza, N., Zawawi, M., & Najit, M. (2021). Investment literacy , social influence and undergraduates ’ readiness to invest : dataset from Malaysia. Data in Brief 34, 34(21), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106700
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. Open University Press.
Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019a). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal EcoGen, 2(5), 736.
Atmaja, D. W., & Widoatmodjo, S. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi Risiko Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 641–648.
Claudia, C., Anita, E., & Fusfita, N. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko Dan Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 3(2), 218–228.
Dayneko, A. I., & Dayneko, D. V. (2019). Influence of Knowledge Investment and Investment Motivation Against the Interest of Investing in the Stock Market on Economic Education Status of Students of State University of Medan
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamonangan, D. (2018). Pengaruh pengetahuan investasi mahasiswa jurusan akuntansi terhadap minat untuk berinvestasi pada pasar modal di kota Palembang. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 5(2), 136–147.
Hidayat, L., Muktiadji, N., & Supriadi, Y. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 3(2), 63–70.
Kotler, P. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Bumi Aksara.
Kusmawati, K. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(2), 103–117.
Malik, F., & Yaqoob., S., A. S. A. (2017). The Impact of Price Perception, Service Quality, and Brand Image on Customer Loyalty (Study of Hospitaly Industry in Pakistan). Interdesciplinary Journal of Contemporary Research In Business, 4(5), 114–126.
Martalena, & Malinda, M. (2019). Pengantar Pasar Modal. Andi.
Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2019). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 105–118.
Natariasari, R. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jom Fekon, 2(18).
Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita, 2(2).
Prabowo, K. S., Nurdiwaty, D., & Kurniawan, A. (2023). The Effect of Investment Knowledge, Investment Risk, and Pocket Money on Interest in Investing in the Capital Market. Kilisuci International Conference on Economic & Business, 1(1)
Ramadhani, A. R. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen pada Go-Pay di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Riandita, K., & Saraswati, A. (2018). Pemahaman Atas Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi Dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(2).
Schiffman, L. G., & Kanuk, L., L. (2018). Perilaku Konsumen. Indeks.
Tandelilin, E. (2019). Pasar Modal Manajemen Protofolio & Investasi. Bandung. Kanisius