Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora Universitas Dhyana Pura)

Main Article Content

Maria Archiana Vianey Witu
Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani
Luh Diah Citra Resmi Cahyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan berwirausaha pada mahasiswa jurusan akuntansi fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora universitas Dhyana Pura. Sampel terpilih sebanyak 46 responden dengan metode convenience sampling. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, hipotesis dan uji determinasi. Hasil analisis data dengan bantuan SPSS 25 menunjukan bahwa hasil uji hipotesis secaara persial (t- test) e-commerce (X1) dan penggunaan sistem informasi akuntansi (X2) berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (Y).  Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan (F-test) nilai koefisien determinasi atau Adjusted R Aquare (R2) sebesar 0,613 atau 61,3% membuktikan bahwa variabel e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi seacra bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha.

Article Details

How to Cite
Witu, M. A. V., Pradnyani, N. L. P. S. P., & Cahyadi, L. D. C. R. (2024). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora Universitas Dhyana Pura). JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(3), 247–252. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/3514
Section
Articles

References

Ernawatiningsih, N. P. L. (2019). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 34. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2157

Ghorbel, J. (2019). A Study of Contingency Factors of Accounting Information System Design in Tunisian SMIs. Journal of the Knowledge Economy, 10(1), 74–103.

Kusumawati, I., Hartono, S., & Kustiyah, E. (2020). Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Dompet Digital OVO di Surakarta. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1).

Setiawan, U., & Iskandar, Y. (2021). Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa dalam Berwirausaha. Prosiding SENMABIS: Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis, Vol. 1. No.1. Sukabumi. Universitas Nusa Putra.