Strategi Customer Relationship Management dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak
Keywords:
Strategi, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan, Analisis SWOT/TOWTAbstract
Pada era globalisasi ini semakin ketatnya persaingan bisnis. Perusahaan harus mulai fokus pada penyampaian nilai (value) dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini dibahas, mengenai Strategi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan merancang strategi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan responden sebanyak 20 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT yang terdiri dari Matriks IE, IFAS/EFAS, matriks SWOT/TOWS. Berdasarkan penelitian IFAS/EFAS skor internal yakni 3,39 dan skor eksternal yakni 3.23. Skor tersebut dijabarkan kedalam matriks IE (Internal Eksternal). Sehingga Diketahui posisi hotel The 101 Bali Fontana Seminyak berada pada growth strategy. Melalui analisis SWOT diperoleh strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di Hotel The 101 Bali Fontana Seminyak, antara lain strategi SO dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas promosi melalui platform online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, strategi ST dapat dilakukan dengan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk maupun jasa, merangkul kompetitor dengan cara membangun hubungan partnership yang dapat menguntungkan kedua belah pihak, strategi WO dengan cara memberikan pelatihan secara rutin kepada seluruh karyawan hotel terkait dengan penerapan software dan teknologi pendukung CRM yang digunakan dalam ruang lingkup kerja, strategi WT dapat dilakukan dengan melakukan persaingan harga antar kompetitor secara sehat, memantau perkembangan trend yang diminati oleh wisatawan secara berkala.
References
Achmadi, aA adan aNarbuko aC. a2013. aMetodologi aPenelitian. aJakarta: aBumi. aAksara.
Alma, aB. a2014. aManajemen aPemasaran adan aPemasaran aJasa. aBandung: aAlfabeta.
Kotler, aP. a2016. aManajemen aPemasaran. aEdisi a11. aJakarta: aPT. aIndeks.
Lupiyoadi, aR., a& aHamdani, aA. a2014. aManajemen aPemasaran aJasa. aJakarta: aPT. aSalemba aEmpat.
Oentoro. a2012. aManajemen aPemasaran aModern. aYogyakarta: aLeksbag aPressindo.
Setiawan. a2017. aStrategi aPemasaran adalam aMeningkatkan aJumlah aKunjungan aTamu aPada aThe aJayakarta aBali. aUndhira aBali: aRepository.
Suryadana, aM. aLiga a& aOctavia, aVanny. a2015. aPengantar apemasaran apariwisata. aBandung: aAlfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.