Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Dhyana Pura dalam Memilih Program Studi S1 Manajemen

Main Article Content

Komang Yuditya Pramana
Komalawati Komalawati
Ni Luh Putu Suarmi Sri Patni

Abstract

                                                   Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Universitas Dhyana Pura dalam memilih program studi S1 Manajemen dan mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi mahasiswa universitas dhyana pura dalam memilih program studi S1 manajemen. Penelitian ini mengambil 105 responden dengan metode pengumpulan sample yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor, uji vadilitas dan reabilitas dan analisis deskriftif dengan bantuan software SPSS 23. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan analisis pada 7 bauran pemasaran (product, price, place, promotion, process, physical evidence) yang terdiri dari 21 indikator terdapat 6 faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi S1 Manajemen yaitu faktor biaya dengan eigenvalue sebesar (4,333), proses (2,528), lokasi (1,749), bukti fisik (1,612), promosi (1,200) dan yang terakhir informasi dengan eigenvalue sebesar (1,025). Dari hasil analisis data pada penelitian ini didapatkan faktor dominan yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi S1 manajemen adalah faktor biaya dengan eigenvalue tertinggi sebesar (4,333).

Kata kunci: Manajemen, Analisis Faktor, Bauran Pemasaran

                                                 Abstract

The research aims to determine the factors influence Dhyana Pura University students in choosing a management undergraduate study program and to determine the dominant factors that influence Dhyana Pura University students in choosing a management undergraduate study program. This study took 105 respondents with the sample collection method used is accidental sampling. The analysis technique used is factor analysis, validity and reliability testing and descriptive analysis with the help of SPSS 23 software. The results obtained after an analysis of 7 marketing mixes (product, price, place, promotion, process, physical evidence) consist of 21indicator. There are 6 factors that influence students in choosing a Management S1 study program, namely the cost factor with eigenvalue (4.333), process (2.528), location (1.749), physical evidence (1.612), promotion (1.200) and the latest information with eigenvalue (1.025). From the results of data analysis in this study, it is known that the dominant factor that influences students in choosing a management undergraduate study program is the cost factor with the highest eigenvalue (4,333).

Keywords: Management, Factor Analysis, Marketing Mix

Article Details

How to Cite
Pramana, K. Y., Komalawati, K., & Patni, N. L. P. S. S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Dhyana Pura dalam Memilih Program Studi S1 Manajemen. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 1(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2293
Section
Articles