Pengaruh Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi Univrsitas Dhyana Pura terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Main Article Content

Harianti
Rai Gina Artaningrum
Eka Putri Suryantari

Abstract

Abstrak Adanya tingkat pemahaman akuntansi bisa mengetahui seberapa besarkah ilmu akuntansi yang dipahami oleh akuntan untuk bisa melakukan peran profesi di dunia industri. Perilaku Belajar mahasiswa yang baik akan mepengaruhi tingkat nilai prestasi yang baik, dan Kecerdasan Emosional bisa melatih kemampuan untuk memotivasi diri sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Perilaku Belajar, dan Kecerdasan Emosional Masiswa Akuntansi Universitas Dhyana Pura Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Penelitian ini dilakukan Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora angkatan 2018-2020. Populasi dari penelitian ini berjumlah 152 mahasiswa, dan banyak sampel yang diambil 63 orang mahasiswa akuntansi. Metode sampel dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi Mahasiswa Universitas Dhyana Pura, dan Kecerdasan emosional
berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi Mahasiswa
Universitas Dhyana Pura.

Article Details

How to Cite
Harianti, Rai Gina Artaningrum, & Eka Putri Suryantari. (2023). Pengaruh Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi Univrsitas Dhyana Pura terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 1(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2425
Section
Articles

References

Amwaluna. (2017). Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol. 1No.1januari 2017 Hal. 66-80

Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23(Edisi Kedelapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (1999). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebihpenting daripada IQ.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama '.

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence (Terjemahan T Hermaya). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.Hanifah, Syukriy Abdullah (2001), Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi, Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Volume 1, No. 3, 63-86.

Goleman, D. (1996). Emotional Intelligence: Why ItCan Matter More Than IQ.https://doi.org/10.1007/s42243-018-0133-0

Kennedy, A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Angkatan 2010. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Lubis, A. I. (2014).Akuntansi Keprilakuan Edisi 2.Jakarta: Salemba Empat.

Maslahah, R. E. (2007). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat PemahamanAkuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi.Skripsi.Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta.

Mawardi, M. C. (2011). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadapa Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang.Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UNISMA) Malang.

Parauba, I. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi MahasiswaFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.Universitas Sam Ratulangi Manado.

Prasetyo, E. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan PerilakuBelajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2012 UPN “Veteran” Jawa Timur” .Skripsi.Akuntansi. Fakultas Ekonomidan Bisnis. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Rachmi, F. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan PerilakuBelajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada MahasiswaAkuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah MadaYogyakarta).Universitas Diponegoro Semarang

Rachmi, F. (2010).”Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan PerilakuBelajar terhadap Pemahaman Akuntansi.Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Salovey, P. & Mayer, J. D. (1996). Emotional Intelligence and The Identification of Emotion. 22(2), 89–113.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suwardjono. (2004). Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi & Manajemen.

Wardani, N. W. R. & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Enosional, Kecerdasan Intelektual dan Prilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2., 20(2), 1133–1161.

Zakiah, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di Universitas Jember). Skripsi. Jurusan Akuntansi.