Perbedaan Motivasi, Keaktifan, dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Housekeeping

Main Article Content

Ni Putu Eka Damayanti
Erpia Ordani Astuti
Putu Pranatha Sentosa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Motivasi, Keaktifan, dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Housekeeping Di Kelas X Perhotelan SMK Pratama Widya Mandala Badung. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tipe pre-experimental yang menggunakan rancangan model one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X (sepuluh) di SMK Pratama Widya Mandala Badung. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Sampel  pada penelitian ini adalah 44 siswa kelas X Perhotelan 2 di SMK Pratama Widya Mandala Badung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Telrdapat perbedaan motivasi melalui penerapan model PjBL pada mata Pelajaran Housekeeping di kelas X Perhotelan 2 SMK Pratama Widya Mandala Badung dilihat dari pretest motivasi diperoleh persentase sebesar 74% sedangkan pada posttest diperoleh persentase sebesar 85%. Telrdapat pelrbeldaan kelaktilfan mellaluil pelnelrapan modell PjBL pada mata pellajaran Houselkelelpilng dil kellas X Pelrhotellan 2 SMK Pratama Wildya Mandala Badung dilihat dari preltelst kelaktilfan dilpelrolelh pelrselntasel selbelsar 56%, seldangkan pada posttelst dilpelrolelh pelrselntasel selbelsar 81%. Telrdapat pelnilngkatan pelrselntasel selbelsar 25% dan hasill Ujil T Belrpasangan melnunjukkan silgnilfilkansil selbelsar 0.000 < 0.05. Terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model PjBL pada mata pelajaran Housekeeping di kelas X Perhotelan 2 SMK Pratama Widya Mandala Badung. Hal ini dapat dilihat pada pretest keaktifan diperoleh persentase sebesar 62%, sedangkan pada posttest diperoleh persentase sebesar 87%. Terdapat peningkatan persentase sebesar 25% dan hasil Uji T Berpasangan menunjukkan signifikansi sebesar 0.000< 0.05.

Article Details

How to Cite
Damayanti, N. P. E., Astuti, E. O., & Sentosa, P. P. (2025). Perbedaan Motivasi, Keaktifan, dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Housekeeping. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36002/jd.v4i1.3796
Section
Articles

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjB) Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Education FKIP UNMA Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Fitria, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based learning (PjB) Terhadap Hasil Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMKN 1 Darul Kama (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).

Jafnihirda., Irfan, D., Simatupang, W., & Muskhir, M. (2022). Jurnal Desain Komunikasi Kreatif Perancangan Modul Interaktif Project Based Learning (PjB) berbasis Flipbook. 4(2), 76–81. https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i2.61

Purwanto, A., Putri, Desy, H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning (PjB) Model untuk Meningkatkan Sikap Imiah Mahasiswa dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Beajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1). Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.4.1.25-34.

Triandari, N. (2023). Meningkatkan Hasi Beajar Produksi Pengoahan Hasil Hewani Melalui Pembelajaran Project Based Learning. 8(1), 59–63.