The Effect of Product Knowledge, Skills, and Attitudes on Employee Performance at Padma Resort Legian-Bali Pengaruh Pengetahuan Produk, Keterampilan, dan Sikap Terhadap Kinerja Karyawan di Padma Resort Legian-Bali
Main Article Content
Abstract
Industri perhotelan merupakan salah satu sektor utama penopang pariwisata di Bali. Kinerja karyawan menjadi faktor kunci dalam menjaga kualitas pelayanan hotel berbintang lima seperti Padma Resort Legian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, keterampilan, dan sikap terhadap kinerja karyawan di Padma Resort Legian. Penelitian ini melibatkan 76 responden yang merupakan karyawan tetap, dipilih melalui metode proportionate stratified random sampling dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert, dan analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, korelasi parsial dan berganda, regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan F pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar 0,264, nilai t-hitung 3,813, dan sig 0,000 < 0,05 Keterampilan (X2) berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi sebesar 0,592, nilai t-hitung 8,153, dan sig 0,000 < 0,05. Sikap (X3) berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi sebesar 0,378, nilai t-hitung 5,855, dan sig 0,000 < 0,05. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai F-hitung sebesar 129,867 dan sig 0,000 < 0,05. Hasil nilai koefisien determinasi (R2), pengetahuan produk (X1), keterampilan (X2) dan sikap (X3) memberikan kontribusi sebesar 83,8% terhadap kinerja karyawan pada Padma Resort Legian. Penelitian ini untuk memberikan gambaran bahwa peningkatan kompetensi karyawan melalui pemahaman produk, penguasaan keterampilan, dan pembentukan sikap profesional dapat memperbaiki kualitas pelayanan serta mendukung keberlanjutan daya saing hotel berbintang lima.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ambiya, D., Firdaus, M. A., & Rinda, R. T. (2019). Pengaruh Sikap Dan Keterampilan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 269-288.
Azis, D. A., Anggraini, D., Wahyuni, D., & Manalu, F. M. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Kerja, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Holiday Inn Resort Batam. Bening, 10(1), 96-109.
Ganyang, M. T. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Edisi ke-1. In Media.
Haji, W. H., Madiistriyatno, H., Widayati, C. C., & Usman, M. (2021). The influence of knowledge management, skill, and attitude on employee performance. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(3), 569-579.
Mangkunegara, A. P. (2021). Manajemen sumber daya manusia Perusahaan. Edisi ke-15. Remaja Rosdakarya.
Sari, V. N., Sari, M. W., & Apriyan, J. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Keterampilan Kerja, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Padang. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 99-106.
Septiani, S. (2023). Pengaruh Knowledge Management Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Pangeran City Padang. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(1), 23-29.
Sutrisno, E. (2020). Manajemen kinerja dan produktivitas kerja. Prenadamedia Group
Sya'baniah, S. I., Saryono, O., & Herlina, N. (2019). Pengaruh sikap dan kepribadian terhadap kinerja pegawai (Studi pada Dinas Sosial Kabupaten Ciamis). Business Management And Entrepreneurship Journal, 1(4), 162-177.
Untari, N. P., Sudarwati, S., & Wulan, I. A. D. P. (2018). Analisis Attitude, Knowledge Dan Skill Terhadap Kinerja Di Hotel (Studi Tentang Kinerja Alumni Victoria Hotel School). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 25-31.
Ramadhani, M. A., & Rinaldi, M. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi, Sikap Kerja serta Kinerja Karyawan pada Hotel X di Samarinda. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(4).
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2020). Management. Jakarta: Erlangga.
Wijanarko, R. A. (2016). Pengaruh Pelayanan, Penampilan Dan Penguasaan Product Knowledge Terhadap Kinerja Karyawan (Frontliner) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Krian. E-Journal Manajemen" BRANCHMARCK", 2(1).
Yulianto, B. (2020). Perilaku pengguna APD sebagai alternatif meningkatkan kinerja karyawan yang terpapar bising intensitas tinggi. Scopindo Media Pustaka.
Suhartini, Y. (2015). Pengaruh pengetahuan, keterampilan dan kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan (Studi pada industri kerajinan kulit di manding, Bantul, Yogyakarta). Akmenika: jurnal akuntansi dan manajemen, 12(2).
Nurriqli, A., & Karsudjono, A. J. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Keterampilan Kerja Dan Sikap Kerja Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan CV. Restu Guru Promosindo. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 30-37.