The Influence of Marketing Mix on the Decision to Stay at COMO UMA Canggu Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel COMO UMA Canggu

Main Article Content

Ni Komang Sri Gina Swari
Gusti Ngurah Joko Adinegara
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan tamu menginap di Hotel COMO UMA Canggu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 105 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan melalui metode regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap. Koefisien regresi untuk variabel produk sebesar 0,452 dengan t-hitung 8,247 dan sig 0,000 < 0,05; variabel harga sebesar 0,142 dengan t-hitung 2,083 dan sig 0,040 < 0,05; variabel promosi sebesar 0,193 dengan t-hitung 2,517 dan sig 0,013 &lt; 0,05; serta variabel lokasi sebesar 0,238 dengan t-hitung 2,264 dan sig 0,026 &lt; 0,05. Secara simultan, seluruh variabel tersebut juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap, yang ditunjukkan oleh nilai F-hitung sebesar 64,326 dengan sig 0,000 &lt; 0,05. Nilai adjusted R² sebesar 70,9% mengindikasikan bahwa keputusan tamu menginap dapat dijelaskan oleh keempat variabel tersebut, sementara sisanya sebesar 29,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Swari, N. K. S. G., Adinegara, G. N. J., & Krismawintari, N. P. D. (2025). The Influence of Marketing Mix on the Decision to Stay at COMO UMA Canggu: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel COMO UMA Canggu. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.36002/jd.v4i2.4437
Section
Articles

References

Adinegara, G. N. J. (2022). Anteseden dan Konsekuensi Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Bali. Deepublish: Yogyakarta.

Akbar, K. T., Handayani, T., & Sembiring, R. (2021). Analisis Marketing Mix terhadap Keputusan Menginap di Hotel Grand Inna Daira Palembang. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1382-1398.

Alma, B. (2019). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.

Artina, V., Taviprawati, E., & Darsiah, A. (2020). Pengaruh fasilitas terhadap keputusan menginap di homestay Desa Cipasung, Kuningan. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(1).

Elizabeth, Pradiptha, A. P., Setiono, D., Putra, D. P., & Putra, R. W. (2024). Pengaruh komunikasi pemasaran, kualitas produk, dan label halal terhadap keputusan pembelian di TikTok Shop. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi.

Hastoko, Y. P., & Stevany, S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan menginap di hotel POP Kelapa Gading. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(9), 4106–4115.

Hendyanto, H., Hafni, L., Rivai, Y., & Putri, L. T. (2022). The effect of marketing mix 7P on purchase decisions at Hotel Novotel Pekanbaru. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 2(3), 306–317.

Hermawan, I. G. N. W., Permatasari, R. I., & Almunir, S. (2025). Dampak harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk anti karat mobil. Jurnal Ilmiah M-Progress, 15(1), 45–56.

Kusuma, V. A., Suarka, F. M., & Sulistyawati, A. S. (2025). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan tamu menginap di The Jayakarta Bali Beach Resort and Spa. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 9(1), 1–15.

Permatasari, M. (2018). The influence of marketing mix on guest purchase decisions at Gumilang Regency Bandung hotel. In 1st International Conference One Belt, One Road, One Tourism (ICOBOROT 2018) (pp. 127–134). Atlantis Press.

Satria, A., Sitompul, D., & Zen, Z. (2019). Analysis of the influence of marketing mix on decision to stay at Grand Jamee Syariah Hotel. International Journal of Research and Review, 6(7), 295–304.

Yani, A., Putra, I. G. A. D., & Suryawan, I. K. (2025). Pengaruh marketing mix 4P terhadap keputusan menginap di The Oberoi Beach Resort, Bali. Jurnal Manajemen Pariwisata, 12(2), 77–89.

Zazilah, A. N., & Mukti, M. (2024). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan tamu menginap di Luminor Hotel Banyuwangi. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 7(1), 112–122.