Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Social Influence, Manfaat dan Risiko pada Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Landing (Studi Kasus pada Generasi Z)

Isi Artikel Utama

Ni Putu Martha Aristya Pertiwi
Putu Aristya Adi Wasita
Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang memengaruhi minat bertransaksi menggunakan fintech lending. Variabel independen terdiri dari Persepsi Kemudahan Penggunaan, Social Influence, Manfaat dan Risiko. Variabel dependen adalah Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara online dengan menyebarkan kuisioner menggunakan Google Form dengan jumlah sampel 94 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending. Social influence berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending. Manfaat dan risiko berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending. Secara simultan, variabel persepsi kemudahan penggunaan, social influence, manfaat dan risiko secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pertiwi, N. P. M. A., Wasita, P. A. A., & Pradnyani, N. L. P. S. P. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Social Influence, Manfaat dan Risiko pada Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Landing (Studi Kasus pada Generasi Z). JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.36002/jd.v4i1.3834
Bagian
Articles

Referensi

Asja, H. J., Susanti, S., Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater : Studi K& asus Masyarakat di DKI Jakarta (The Influence of Perceived Usefulness, Ease of Use and Income on Interest in Using Paylater: A Case Study of People in DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495

Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).

Kotler, P. & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Ed 12). Jakarta: PT Indeks.

Pratiwi, D. A. (2021). Persepsi generasi Z terhadap Fintech (financial technology) di Cikampak Tengah Kecamatan Torgamba (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung