The Influence of Electronic Word of Mouth (eWOM), Product Quality and Price on Consumer Purchasing Decisions at Warung Sika, Canggu, North Kuta Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM), Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Warung Sika, Canggu, Kuta Utara

Isi Artikel Utama

Ni Putu Cipta Maharani
I Gusti Ngurah Joko Adinegara
Putu Chris Susanto

Abstrak

Warung Sika adalah sebuah UMKM yang bergerak di bidang industri makanan, berlokasi di Jl Tanah Barak no45 Canggu, Kuta Utara. Di tengah semakin maraknya persaingan usaha kuliner, segmentasi pasar dan jenis makanan yang dijual hampir sama dengan pesaing usaha di sekitarnya. Warung Sika memiliki keunggulan dari sisi produk yang segar dan berkualitas, harga yang bersaing, dan digital presence yang baik terutama di Instagram. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh eWOM, kualitas produk, dan harga secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Sika. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin yakni diperoleh 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan Uji T pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial eWOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Sika, dibuktikan dengan thitung 3,749 > ttabel 1,661 dengan nilai signifikasi 0,000 (p < 0,05). Sementara itu, kualitas produk secara parsial ditemukan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Sika, dibuktikan dengan thitung 2,104 > ttabel 1,661 dengan nilai signifikasi 0,038 (p < 0,05). Secara parsial, harga juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Sika, dibuktikan dengan thitung 2,700 > ttabel 1,661 dengan nilai signifikasi 0,008 (p < 0,05). Secara simultan, penelitian menemukan bahwa eWOM, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Sika, dibuktikan dengan Fhitung 54,668 > Ftabel 2,467 dan nilai signifikasi 0,000 (p < 0,05). Hasil ini berarti bahwa semakin baik eWOM yang terjalin, semakin baik kondisi kualitas produk dan semakin baik persepsi harga yang terbentuk di Warung Sika maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maharani, N. P. C., Adinegara, I. G. N. J., & Susanto, P. C. (2025). The Influence of Electronic Word of Mouth (eWOM), Product Quality and Price on Consumer Purchasing Decisions at Warung Sika, Canggu, North Kuta: Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM), Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Warung Sika, Canggu, Kuta Utara. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(2), 243–256. Diambil dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/4319
Bagian
Articles

Referensi

Adilah, R., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Serum Hanasui (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economia, 2(10), 2823–2841. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.906

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688

Amarazka, V., & Dewi, R. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Portobello Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 507–513. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28791

Cahyani, N. L., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Makanan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rm. Rindang 84 (Studi Pada Konsumen Rm. Rindang 84 Cabang Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 329–334. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28102

Fiana, E. O., & Hartati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan “Mie Gacoan” di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 149. https://doi.org/10.35917/cb.v3i2.341

Handayani, R., & Fatimah, S. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Thai Thea Di Desa Rantau Bujur Tengah Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 5(2), 27–40. https://doi.org/10.36658/ijan.5.2.106

Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31–38. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing (Eighteenth edition). Pearson Education.

Lestari, W. S., & Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.37058/jem.v5i2.964

Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management, 29(3), 458–468. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.011

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Language. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=d93gc4cAAAAJ&citation_for_view=d93gc4cAAAAJ:qxL8FJ1GzNcC

Nurdin, S., & Setiani, P. N. C. (2021). Penggunaan Label Halal dan Harga dalam meningkatkan keputusan Pembelian Produk Komestik (Studi Pada Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 111–122. https://doi.org/10.51977/jsm.v3i2.573

Nyoko, A. E. L., & Semuel, A. D. D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (e-WOM) Di Media Sosial FaceBook Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(1), 63–76. https://doi.org/10.35508/jom.v14i1.3857

Prayoga & Mulyandi. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136–140. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.60

Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131. https://doi.org/DOI:10.15294/jdm.v4i2.2756

Risanti, A. M., & Sulaeman, E. (2023). Analisa Pengaruh Marketing Mix 7p Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dan Jasa (Studi Kasus Pada Bunda Collection Karawang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2941

Sanjaya, F. A., Ambarwati, R., & Lesmanawati, D. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Electronic Word Of Mouth (Studi Kasus: Konsumen Kedai “Ikhtiar” Banjarbaru). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 82–89. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i2.354

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere dan e-WOM Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House of Mozaru Paris Van Java, Bandung). PJurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613

Soesanto, & Manggalania, L. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Country of Origin dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening | Manggalania | Diponegoro Journal of Management. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32432

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA. https://tuxdoc.com/download/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-ampamp-d-prof-dr-sugiyono-2017_pdf

Sukron, Hartelina, H., & Suyaman, D. J. (2022). The Influence Of Brand Image, Perceived Quality & Price On Purchasing Decisions For Dunkin Donuts Products In Bekasi. Enrichment : Journal of Management, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i3.620

Yudianto, A., & Roman Sinagai, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt. Nojorono Tobacco International Cabang Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(3), 160–172. https://doi.org/10.36418/jiss.v1i3.29