Quizizz-Assisted Microlearning Model to Improve Students’ Activeness and Learning Outcomes in Basic Culinary Subject at SMK PGRI 3 Badung Penerapan Model Microlearning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK PGRI 3 Badung

Isi Artikel Utama

Bina Ria
Putu Andyka Putra Gotama
I Putu Pranatha Sentosa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Microlearning berbantuan Quizizz terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar - dasar Kuliner kelas X Kuliner 3 SMK PGRI 3 Badung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest–posttest. Sebanyak 40 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi kuesioner keaktifan dan tes hasil belajar, dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat dari rata-rata 53,225 menjadi 57,725, dengan peningkatan tertinggi pada indikator penerapan pengetahuan dan evaluasi diri. Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 70,13 menjadi 88,6 disertai penyempitan rentang nilai. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,010 untuk keaktifan dan 0,000 untuk hasil belajar (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penerapan model. Temuan ini membuktikan bahwa model Microlearning berbantuan Quizizz efektif meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ria, B., Gotama, P. A. P., & Sentosa, I. P. P. (2025). Quizizz-Assisted Microlearning Model to Improve Students’ Activeness and Learning Outcomes in Basic Culinary Subject at SMK PGRI 3 Badung: Penerapan Model Microlearning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK PGRI 3 Badung. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(2), 143–150. https://doi.org/10.36002/jd.v4i2.4467
Bagian
Articles

Referensi

Adilah, G. P., & Rosyida, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microlearning di MAN 1 Malang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 466. https://doi.org/10.35931/aq.v18i1.2759

Antara, G. Y., & Saravistha, D. B. (2023). Implementasi Konvensi Internasional Perlindungan Anak Di ‎Lembaga Pembinaan Khusus Kelas II Kabupaten Karangasem. AL-DALIL: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Hukum, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.58707/aldalil.v1i1.435

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dityaningsih, D., Astriyani, A., & Eminita, V. (2020). Pengaruh Game Edukasi Quizizz Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Gustiansyah, K., Maulidatis Sholihah, N., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. https://doi.org/10.3390/idarotuna

I Made Okta Artawan, I. W. E. S. (2023). PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI BIDANG PEMBUATAN COCKTAIL DEVELOPING. Jurnal Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2022), 91–100.

Karimah, N., Rasimin, & Andiyaksa, R. (2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12972–12977.

Piaget, J. (1976). The grasp of consciousness: Action and concept in the young child. Harvard University Press.

Putri, N. M. D., & Dewi, I. G. A. A. (2021). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif di era digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), 201–209.

Rahmatillah, S. (2021). Hubungan keaktifan belajar dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 67–75.

Sudarsana, I. K. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(2), 145–155.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843