The Effect of Travel Motivation, Destination Image, and Electronic Word of Mouth on Tourists' Decisions to Visit Kuta Beach Pengaruh Motivasi Berwisata, Citra Destinasi, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Kuta
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berwisata, citra destinasi, dan e-WOM terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pantai Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke Pantai Kuta. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling (non-probability sampling) dengan jumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik serta teknik analisis statistik yaitu Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Parsial dan Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji t-test dan Uji f-test. Hasil analisis diuji menggunakan perangkat lunak SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian hipotesis diterima. Motivasi berwisata (X1) berpengaruh secara parsial, positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai t hitung 2,647 > t tabel 1,661 (p < 0,05). Citra destinasi (X2) juga berpengaruh secara parsial, positif dan signifikan dengan nilai t hitung 2,645 > t tabel 1,661 (p < 0,05). e-WOM (X3) berpengaruh secara parsial positif, namun tidak signifikan, ditunjukkan dengan nilai t hitung 1,164 < t tabel 1,661 (p > 0,05). Secara simultan, motivasi berwisata, citra destinasi, dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, dibuktikan dengan nilai F hitung 34,671> F tabel 3,090 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Melalui Analisis Koefisien Determinasi, variabel motivasi berwisata (X1), citra destinasi (X2), dan e-WOM (X3) memberikan kontribusi sebesar 52,0% terhadap keputusan berkunjung (Y) ke Pantai Kuta.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anugrah, I. P., Rahma, D., & Suryawan, A. P. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Motivasi terhadap Kepuasan dan Niat Berkunjung Kembali. Jurnal Manajemen dan Pariwisata, 14(1), 23–34.
Dimyati, A. (2020). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Gunung Dempo. Jurnal Kepariwisataan, 19(2), 85–96.
Gosal, D. D., Salaki, J., & Pondaag, J. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Sikap dan Citra Kota Terhadap Keputusan Berkunjung ke Kota Wisata Tomohon. Jurnal EMBA, 8(4), 726–736.
Khotimah, H., Rohman, F., & Rofiaty. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan dan Niat Rekomendasi Destinasi Wisata. Jurnal Administrasi Bisnis, 78(1), 112–123.
Kusyanda, I. G., Pramana, I. G. B., & Santika, I. K. (2024). Tourist Behavior Model: Pengaruh Motivasi dan Citra Destinasi terhadap Niat dan Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Penimbangan. Jurnal Pariwisata, 12(2), 45–58.
Mayumi, S., Suryawan, A. P., & Dewi, N. L. P. S. (2021). Pengaruh Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 15(2), 77–88.
Riesa, M., Putri, L., & Rahmawati, N. (2023). Pengaruh Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata. Jurnal Pariwisata Nusantara, 5(1), 13–21.
Widyastuti, A., Fitria, N., & Sari, P. (2023). Electronic Word of Mouth dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 16(1), 51–66.