Factors Influencing Tourist Satisfaction in Visiting Blimbingsari Tourism Village, Jembrana Regency, Bali Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Berkunjung di Desa Wisata Blimbingsari, Kabupaten Jembrana, Bali

Isi Artikel Utama

I Gede Agus Wisnu Saputra
I Wayan Ruspendi Junaedi
Putu Chris Susanto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Blimbingsari, Kabupaten Jembrana, Bali. Desa ini memiliki keunikan berupa akulturasi budaya Bali dengan kehidupan masyarakat Kristen, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 80 responden menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis faktor untuk mereduksi 16 indikator menjadi beberapa faktor utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang memengaruhi kepuasan wisatawan, yaitu atraksi wisata, aksesibilitas, fasilitas pendukung (amenity), dan pelayanan tambahan (ancillary). Dari keempat faktor tersebut, atraksi wisata merupakan faktor paling dominan, yang mencakup pemandangan desa, gereja dengan arsitektur Bali, aktivitas budaya, dan Grojogan Waterfall. Temuan ini menunjukkan bahwa keunikan atraksi lokal menjadi unsur penting dalam membentuk kepuasan wisatawan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengelola Desa Wisata Blimbingsari dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas destinasi wisata berbasis budaya dan komunitas secara berkelanjutan.


Kata Kunci: Kepuasan Wisatawan, Desa Wisata, Blimbingsari, Analisis              Faktor, Atraksi Wisata


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saputra, I. G. A. W., Junaedi, I. W. R., & Susanto, P. C. (2025). Factors Influencing Tourist Satisfaction in Visiting Blimbingsari Tourism Village, Jembrana Regency, Bali: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Berkunjung di Desa Wisata Blimbingsari, Kabupaten Jembrana, Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(2), 55–66. https://doi.org/10.36002/jd.v4i2.4516
Bagian
Articles

Referensi

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2024). Jumlah Kunjungan Wisatawan Domestik dan Asing. BPS Bali. https://bali.bps.go.id/

BPK RI. (t.t.). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2OO9 TENTANG KEPARIWISATAAN. JDIH BPK RI. Diambil 10 Maret 2025, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009

Carlos, F., Rambulangi, Abedneigo. C., dkk. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Kuburan Lemo Kabupaten Tana Toraja. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6681–6689. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.8188

Corte, V. D., Sciarelli, M., Cascella, C., dkk. (2015). Customer Satisfaction in Tourist Destination: the Case of Tourism Offer in the City of Naples. Journal of Investment and Management, 4(1–1), 39–50.

Ghozali. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.

Hair. (2010). Multivariate Data Analysis (7 ed.). Pearson.

Hamdan, A. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP OPTIMALISASI FUNGSI DAN KINERJA SOSIAL KOPERASI SYARIAH (Studi Kasus pada anggota Pusat KSPPS Bina Umat Terpadu Jawa Timur). EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syari’ah, 9(1), 29–45.

Khufi, R. A., Gunawan, J. V., Nainggolan, E. Y., dkk. (2025). ANALISIS JUMLAH TENAGA KESEHATAN DI JAWA TIMUR TAHUN 2022-2023 MENGGUNAKAN METODE RM MANOVA SATU ARAH. Jurnal Riset Sistem Informasi, 2(3), 29–38. https://doi.org/10.69714/2hhgzp35

Kurniadi, L. (2021). Analisi Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Domestik Dalam Mengunjungi Desa Wisata Penglipuran: Persepsi Terhadap Kualitas Destinasi [Disertasi]. Universitas Ciputra.

Laihad, R. A., Lengkong, V. P., & Saerang, R. T. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Menyebabkan Resistensi Dalam Proses Perubahan Organisasi Di Otoritas JASA Keuangan Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 531–540.

Masjhoer, J. M., & Dzulkifli, M. (2019). ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN DI DESA EKOWISATA PANCOH, KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(2), 105–115. https://doi.org/10.26905/jpp.v4i2.3084

Megawati, Y., & Giam, H. S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Domestik untuk Berwisata di Nias Selatan, Sumatera Utara. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 9(1), 6–17. https://doi.org/10.30813/jhp.v9i1.4185

Mirella, N. N. R., Nurlela, R., Erviana, H., dkk. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI: KEPUASAN PELANGGAN DAN MINAT PEMBELIAN: KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA (LITERATUR REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 350–363.

Nasar, A. 2019. Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Keputusan Menyewa Kamar Hotel Berbintang Untuk Meningkatkan Pariwisata Diwilayah Kotamadya Kupang. Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 2(1), 64-71.

Negara, I. M. W. S., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2019). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN BERKUNJUNG DI SERANGAN DENPASAR BALI. JUMPA, 6(1), 125–140.

Pivac, T., Blesic, I., Stamenkovic, I., dkk. (2011). Event management and consumer satisfaction in tourism industry. African Journal of Business Management, 5(34), 13240–13248.

Prasetyo, A. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan dalam Berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 6(2).

Puniawan, I. M. E., & Sentosa, I. P. P. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Desa Wisata Blimbingsari Jembrana, Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(2), 120–125.

Setiawan, I. B. D. (2015). Identifikasi Potensi Wisata Beserta 4A(Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) Di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuterean, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali [Tesis]. Universitas Udayana.

Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. JURNAL BAPPEDA LITBANG, 1(1), 21–25.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Alfabeta.

Supranto. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta.

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Utama, I. G. B. R. (2016). Metodologi Penelitian Pariwisata dan Hospitalitas. Pustaka Larasan.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Andi.

Yesika. (2018). Perbandingan Minat Berkunjung Wisatawan Domestik dan Mancanegara Pada Ekowisata Berbasis Kemasyarakatan Gunung Api Purba Ngelanggeran, Gunung Kidul [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.