Strategi Penjualan Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Ketut Bagong Rental Badung, Bali
Article Sidebar
Download : 14
Main Article Content
Abstract
Bisnis rental sepeda motor di Bali berkembang pesat seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan. Pertumbuhan ini dipicu oleh popularitas Bali sebagai tujuan wisata, harga sewa sepeda motor yang terjangkau, dan proses izin usaha yang relatif mudah. Dalam konteks ini, Ketut Bagong Rental, memiliki peluang untuk tumbuh namun dengan banyaknya pesaing memuat Ketut Bagong Rental sulit meningkatkan penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan Ketut Bagong Rental.Jenis pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dilakukan identifikasi, menilai faktor- faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi Ketut Bagong Rental, menggunakan metode Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oportunities, Threats). Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Ketut Bagong Rental. Dari hasil penelitian dapat diketahui total nilai IFAS sejumlah 3,028. dan diketahui nilai perhitungan EFAS memperoleh total sejumlah 2,011. Ini menunjukan bahwa Ketut Bagong Rental memiliki beberapa kekuatan yang signifikan, seperti produk berkualitas tinggi, harga yang bersaing, kualitas pelayanan yang baik, dan kondisi kendaraan yang disewakan dalam kondisi prima. Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu diatasi, seperti lokasi yang sulit ditemukan oleh konsumen, promosi yang kurang maksimal, dan kualitas karyawan yang belum sepenuhnya optimal. Maka strategi yang pemasaran yang tepat untuk Ketut Bagong Rental adalah stabilitas, dimana kebijakan yang umum dari strategi ini adalah dengan melakukan mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk, kualitas pelayanan serta melakukan promosi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Komari, A., Indrasari, L. D., Tripariyanto, A. Y., & Rahayuningsih, S. (2020, July). Analysis of SWOT marketing strategies and 7P influence on purchasing decision. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1569, No. 3, p. 032002). IOP Publishing.
Kotler, P., Armstrong, G., Gay, M. G. M., & Cantú, R. G. C. (2017). Fundamentos de marketing.
Molina, C. P., Kurniawan, I. B., & Junaedi, I. W. R. (2022). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Toko L’mart Seminyak Kuta. JAKADIKSI: JURNAL VOKASI, 1(2).
Putri, A. E. (2017). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIANHEL MMEREKINK (Studi Pada Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).
Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.
Sari, Novita Aulia. 2015. “Penentuan Strategi Pemasaran Melalui Analisa SWOT Dalam Peningkatan Daya Saing DI CV. Global Warna Sidoarjo.” Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya. https://digilib.uinsa.ac.id/2583/.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.