Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Anggota pada Koperasi Kospin Jasa di Denpasar

Main Article Content

Astrika Sukmaningrum

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peranan analisis SWOT dalam meningkatkan jumlah anggota pada Koperasi Kospin Jasa di Denpasar. Pada penelitian ini terdapat masalah yaitu “bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan julah anggota pada Koperasi Kospin Jasa di Denpasar”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif, Matriks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (Eksternal Factor Evaluation- EFE Matrix), Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Factor Evaluasion-IFE Matrix). Pada hasil penelitian ini telah menunjukan bahwa saat ini Kospin Jasa di Denpasar strategi bersaing yang diterapkan oleh Kospin Jasa di Denpasar yaitu memaksimalkan kekuatan yang ada untuk menangkap peluang dan meminimalkan ancaman seperti penurunan suku bunga deposito. Upaya menangkap peluang dan meminimalkan ancaman pada Koperasi tersebut terbukti dapat menambah jumlah anggota hingga saat ini. Memaksimalkan kekuatan yang ada untuk menangkap peluang dan meminimalkan ancaman seperti penurunan suku bunga deposito. Kospin Jasa secara aktif mendukung dengan melakukan langkah-langkah menjaga kualitas pelayanan melalui tersedianya sumber daya karyawan yang berkualitas, mempromosikan produk berkualitas dengan suku bunga yang fleksibel, melaksanakan promosi di pasar atau tempat umum sekitar tempat penyelenggaraan dan meningkatkan promosi di jejaring sosial. Serta menjaga citranya di mata publik untuk membangun loyalitas pelanggan. Matrix Internal Factor Evaluasion (IFE Matrix) adalah 3,38 yang mengindikasikan bahwa posisi Kospin Jasa memiliki posisi internal yang sangat kuat. Sedangkan nilai tertimbang Matrix Eksternal Factor Evaluasion (EFE Matrix) adalah 3,78 yang mengidikasikan bahwa Kospin Jasa di Denpasar dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal posisi perusahaan relatife kuat.

Article Details

How to Cite
Sukmaningrum, A. (2024). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Anggota pada Koperasi Kospin Jasa di Denpasar. JAKADIKSI: JURNAL VOKASI, 3(1), 57–64. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadiksi/article/view/3398
Section
Articles

References

Ariadna Erika, Strategi Pengembangan Ekowisata Di Kawasan Taman Hutan Raya Di Wilayah Kelompok Nelayan Segara Guna Batu Lumbang Denpasar, Denpasar, 2022.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2014.

Kospinjasa.com (2022) Profil Kospin Jasa, https://kospinjasa.com/profil-perusahaan/

diakses pada 14 Februari 2023 pukul 20.02 WITA.

Muthohharoh Nanik, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan

Di Koperasi Unit Desa (Kud) Bahagia Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Kudus, 2017

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta, 2004.

Putu Steven, Strategi Pemasaran, Badung, 2023