Pemanfaatan Ubi Ungu sebagai Kreasi Menu dalam Event Candle Light Dinner Event
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Pariwisata nerupakan investasi yang penting pada sektor non migas bagi Indonesia. Akomodasi adalah salah satu sektor yang memiliki penghasilan yang paling besar sehingga mempengaruhi perkembangan industri pariwisata. Salah satu penawaran yang dapat ditawarkan oleh pihak hotel untuk menarik tamu untuk berkunjung ke sebuah hotel maupun hanya untuk berkunjung ke restoran tersebut adalah pelayanan Candle Light Dinner. Indonesia sangat kaya akan ragam pagan lokal yang sudah berakar dan membudaya di masyarakat. Namun saat ini justru terdapat kecenderungan masyarakat mengabaikan sumber pangan lokal dan lebih memuja pangan impor. Ubi jalar ungui merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dibeberapa daerah ubi jalar juga digfunakan sebagai bahan makanan pokok. Berdasarkan uraian diatas maka diangkatlah pokok permasalahannya mengenai daya tarik kuliner dengan menampilkan set menu yang memanfaatkan ubi ungu sebagai olahan makanan yang akan disajikan dalam event Candle Light Dinner. Penulis membuat set menu yang akan disajikan yaitu Baked Mushroom Stuffed with Sweet Potato sebagai appetizer, Sweet Potato Creamy Soup sebagai soup, Chicken Steak with Sweet Potato and Sautee Mix Vegetable sebagai main course, dan Sweet Potato Panna cotta sebagai dessert. Dan juga Batatas Morada Breeze sebagai minuman yang akan disajikan. Salah satu tujuan Tugas Akhir ini dibuat untuk menghasilkan kreasi menu/recipe untuk dihidangkan pada event Candle Light Dinner. Metode dalam pengerjaan proyek Tugas Akhir menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dokumentasi, dan demontrasi. Dari hasil data yang diperoleh ubi ungu dapat diolah menjadi makanan maupun minuman yang berkelas. Untuk mengetahui tingkat produk ubi ungu, para tamu yang hadir diberikan kuesioner untuk memperoleh data terkait kualitas, aroma dan rasa dari kreasi menu olahan ubi ungu. Dari hasil pelaksanaan event launching produk disimpulkan bahwa loyalitas para tamu terhadap olahan ubi ungu adalah sangat baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Atmodjo, H.M.W. (2005). Restoran dan segala permasalahannya. Yogyakarta: ANDI
Arjana, I. G. B. (2016). Geografi pariwisata dan ekonomi kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Bartono, P.H., Ruffino, E.M., and Dhewiberta, H. (2005). Food product management di hotel dan restoran. Yogyakarta: ANDI.
Kotler, P. (2002). Dasar-dasar pemasaran jilid 1. Bengkulu: Prenhalindo.
Kotler, P., Amstrong, G., and Sabran, B. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Republik Indonesia. Kementriaan Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2009) Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia pasal 1 tentang Kepariwisataan. Diakses dari https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2009/10TAHUN2009UU.HTM
Sari, I.P., Astiti, N.M.N., Oktarina, S., Dewi, N.M.R., Putra, P.S.E, and Mertayasa, I.G.A. (2022). Persepsi konsumen terhadap penyelenggaraan event dinner di Restoran two fat monks Bali. Diakses dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadiksi/article/view/1939
Wikipedia. (2023). Pariwisata. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata
Wirama, I.G. (2022, Oktober 30). Diwawancara oleh Christy, N.S., Kurnia., and Wulandari, R.D. [Rekaman]. Wawancara mengenai pelaksanaan event di Bvlgari Resort Bali sebagai penunjang materi tugas akhir.