Pengaruh Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Yanail Studio

Main Article Content

Ni Putu Dian Sekarini
Ida Bagus Kurniawan
I Made Dwi Wira Ardana

Abstract

Yanail Studio merupakan salah satu studio nails yang terdapat di daerah Denpasar. Yanail Studio menyediakan lebih dari 300 pilihan warna kutek gel dan berbagai macam pilihan desain nails art. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram terhadap brand awareness pada Yanail Studio. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebesar 492 akun yang diambil dari jumlah followers instagram Yanail Studio. Akun yang diambil merupakan akun yang aktif berinteraksi dari rentan tanggal 8 Maret – 14 Maret 2024 pada dashbor profesional akun instagram. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan program Stastistical Product and Service Solution (SPSS) versi 24.  Berdasarkan hasil Analisis Regresi Linear Sederhana didapatkan hasil y = 2,020 + 0,586x yang berarti secara statistik menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel media sosial instagram (X) terhadap brand awareness (Y) dengan nilai B sebesar 0,586 dimana setiap kenaikan variabel media sosial instagram sebesar satu satuan maka akan menyebabkan meningkatnya variabel brand awareness sebesar 0,586 dengan tingkat signifikansi t sebesar  0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka berarti H0 ditolak dan H1 diterima.  Untuk besarnya pengaruh variabel media sosial instagram terhadap brand awareness berdasarkan analisis determinasi adalah 62,6%.

Article Details

How to Cite
Sekarini, N. P. D., Kurniawan, I. B., & Ardana, I. M. D. W. (2025). Pengaruh Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Yanail Studio. JAKADIKSI: JURNAL VOKASI, 4(1), 7–12. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadiksi/article/view/3875
Section
Articles

References

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management, 15th ed. New Jersey: Pearson prectice Hall, Inc.

Kurniawan, I. B., Kurniawati, N. S. E., & Puniawan, I. M. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 Di Bali. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1).

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Jurnal Komunikasi, 4(1), 75.