RANCANG BANGUN SISTEM PELAPORAN KEUANGAN PADA PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA ADAT (STUDI KASUS: DESA ADAT CEMENGGAON)

Main Article Content

I Putu Gede Saskara
I Nyoman Purnama
I Gusti Bagus Made Wiradharma

Abstract

ABSTRACT
Cemenggaon Traditional Village Waste Bank is a place where people can save waste that will be converted into rupiah. In the management of this waste bank, of course, there are obstacles experienced by waste bank officials such as recording and reporting of their finances. In this study discussed about the development of reporting information system in Cemenggaon Village Waste Bank. The system development method used in this study is waterfall method. The programming language used in building this financial reporting system uses the PHP programming language and the database used is MySQL. This research successfully built a financial reporting system at the Cemenggaon Village Waste Bank and in testing the blackbox, the scenario that had been designed was successful in accordance with expectations. The data included can be processed into income statement, cash flow statements, savings statements, sales reports and balance sheets.
Keywords: Financial Statements, Waterfall Method, PHP, Mysql, Waste Bank
ABSTRAK
Bank Sampah Desa Adat Cemenggaon merupakan sebuah tempat di mana masyarakat dapat menabung sampah yang nantinya akan diubah menjadi rupiah. Dalam pengelolaan bank sampah ini tentunya terdapat kendala-kendala yang dialami oleh petugas bank sampah seperti pencatatan dan pelaporan keuangannya. Pada penelitian ini membahas tentang pembangunan sistem informasi pelaporan di Bank Sampah Desa Adat Cemenggaon. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam membangun sistem pelaporan keuangan ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data yang digunakan yaitu MySql. Penelitian ini berhasil membangun sistem pelaporan keuangan pada Bank Sampah Desa Adat Cemenggaon dan dalam pengujian blackbox, skenario yang sudah dirancang sudah berhasil sesuai dengan harapan. Data-data yang dimasukkan dapat diolah menjadi laporan rugi/laba, laporan arus kas, laporan tabungan, laporan penjualan dan neraca.
Kata Kunci: Laporan Keuangan, Metode Waterfall, PHP, Mysql, Bank Sampah

Article Details

How to Cite
Saskara, I. P. G., Purnama, I. N., & Wiradharma, I. G. B. M. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM PELAPORAN KEUANGAN PADA PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA ADAT (STUDI KASUS: DESA ADAT CEMENGGAON). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 8(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/1593
Section
Articles