PERANCANGAN USER INTERFACE PADA STARTUP MAIIRENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Authors

  • Dewa Ayu Sinta Gayatri
  • A A Istri Ita Paramitha
  • A A Gede Adi Mega Putra

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v10i1.2717

Keywords:

cosplay, cosplayer, anime, game, startup, User Centered Design, Specify The Context Of Use, Specify User and Organization Requerement, Produce Design Solution, Evaluate Design, User Experience Questionaire

Abstract

Cosplay merupakan hobi yang kini sudah menjadi ajang pertunjukan dimana individu maupun kelompok akan berpenampilan layaknya seperti suatu tokoh. Biasanya tokoh yang diperagakan berasal dari komik, anime, game, film, bahkan tokoh penting maupun artis. Itu artinya dalam cosplay kostum sangatlah penting. Namun kesulitan mulai muncul, di mana cosplayer yang ingin menyewa kostum kesulitan menemukan ukuran kostum yang sesuai dengan badannya. Karena tidak semua rental kostum menyediakan semua ukuran dari semua karakter. Selain itu para cosplayer juga kesulitan dalam memakai kostum yang disewa karena kurangnya tutorial cara pemakaian. Maka dari itu terciptalah startup MaiiRent, namun membutuhkan perancangan desain baru agar lebih nyaman dan mudah digunakan para pelanggan, dan perancangannya menggunakan metode User Centered Design yang terdiri dari empat tahapan antara lain Specify The Context Of Use yang merupakan tahap identifikasi kepada calon pengguna yaitu para cosplayer. Specify User and Organization Requirement yang merupakan tahap identifikasi terhadap kebutuhan pengguna untuk menentukan solusi yang akan ditawarkan. Lalu Produce Design Solution yang merupakan tahap perancangan solusi dan desain. Evaluate Design yang merupakan pengujian menggunakan metode User Experience Questionnaire.

References

Akay, Y. V., Santoso, A. J., & Rahayu, F. L. S. (2015). Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus : Kota Manado). Amborowati, 1–6.

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(5), 3–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5304

Aulia, A. N., & Ardiansyah, A. (2018). Rancang Bangun UI (User Interface) / UX (User Interface) Aplikasi Manajemen Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 6(2), 120–130. http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/15237

Claudy, A., Indriyatmoko, T., & Pradani, A. (2023). Analisis Customer Journey Dalam Peningkatan Customer Experience Pada Alur Proses Pemesanan Aplikasi Dapurgo . com Customer Journey Analysis in Increasing Customer Experience in The Dapurgo Application Order Process Flow. 11(3), 425–431. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.

Dasar, D. I. S., Nurlaila, N., & Hamdu, G. (2016). DEVELOPING MOCK-UP MEDIA. 85–93.

Ghufron, K. M., Kusuma, W. A., & Fauzan, F. (2020). Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v3i2.587

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(Vol. 6 No. 1 (2020)), 69–78. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582

Ikhsanto, jurusan teknik mesin L. N. (2020). Perancangan User Interface Situs Web E-Letter UIN Jakarta Menggunakan Metode Five Planes (Vol. 21, Issue 1).

KAUTSAR WAFIYAH. (2022). CUSTOMER JOURNEY MAPPING PADA PENGGUNA PRODUK PERAWATAN KULIT (Studi pada Konsumen Produk Avoskin).

Rahman, N., Mahardhika, G. P., & Hamzah, A. (2018). Implementasi Metode User Centred Design Pada Pengembangan Gim Matematika Berbasis Desktop Bagi Siswa SD Negeri 1 Candiwulan. Skripsi, Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Sari, Ani Oktarini; Abdilah, A. S. (2019). Web Programming.

Schrepp, M. (2023). User Experience Questionnaire Handbook v10(03.05.2023). September, 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2815.0245

Setiawan, D. (2013). Dialektika Cosplay, Estetika, Dan Kebudayaan Di Indonesia. Corak, 2(1), 57–70. https://doi.org/10.24821/corak.v2i1.2329

Simanjuntak, S. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SAP Modul Sales & Distribution, Material Management, FInancial Acoounting). https://repository.its.ac.id/49487/

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Dewa Ayu Sinta Gayatri, A A Istri Ita Paramitha, & A A Gede Adi Mega Putra. (2024). PERANCANGAN USER INTERFACE PADA STARTUP MAIIRENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v10i1.2717

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.