ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS : PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI)
Article Sidebar
Download : 19
Main Article Content
Abstract
Sistem Informasi Perpustakaan merupakan sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mengelola dan mengatur
informasi terkait perpustakaan. Sistem ini mengintegrasikan berbagai aspek yang berkaitan dengan perpustakaan,
seperti peminjaman dan pengembalian buku, pencatatan koleksi buku, serta manajemen anggota perpustakaan.
Penelitian ini menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini nantinya juga akan
membahas mengenai bagaimana pengaruh dari ke lima dimensi Metode End User Computing Satisfaction yaitu,
Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness, terhadap kepuasan pengguna (satisfaction). Penelitian ini
bersifat deskriptif kuantitatif. Data yang di dapat akan diolah menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social
Scinces). Dari populasi telah di dapat sebanyak 40 responden yang akan menjadi sampel pada penelitian ini. Hasil
dari penelitian ini telah diperoleh satu (1) variabel independen (X) yaitu Timeliness (X5) yang tidak berpengaruh
terhadap variabel dependen (Y), dan diperoleh empat (4) variabel independen (X) yaitu Content (X1), Accuracy (X2),
Format (X3), dan Ease of Use (X4) dinyatakan berpengaruh terhadap variabel dependen (Y). Dari hasil uji F (ANOVA)
yang telah dilakukan, diperoleh bahwa variabel independen (X), yaitu variabel content, accuracy, format, ease of use,
dan timeliness jika diuji secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel – variabel tersebut terhadap kepuasan
pengguna (Y) berpengaruh secara positif (signifikan)
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
] Asni, Y., & Irfan, D. (2022). Analisis
Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan
E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19
Menggunakan Metode End User
Computing Satisfaction (EUCS) Di Smk
N 2 Pariaman. Jurnal Vokasi Informatika,
-19.
] Definisi Sistem Informasi, Mulyadi,
Anastasia Diana & Lilis Setiawati (2016)
] Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). A
model of end-user computing satisfaction.
Management Information Systems
Quarterly, 12(1), 125-144.
] Ghozila, Idham. (2016). Metode
Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit
Universitas Indonesia.
] Ghozila, Idham. (2018). Metode
Penelitian Kuantiatif. Penerbit Pustaka
Cendekia.
] Konsep Sistem Informasi, Yati Siti
Mulyati. Jurnal Administrasi Pendidikan
(2017), 10. 17509/jap.v3i1.6095
] Lilis Darwati,. & Fitriyani (2022).
Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan
Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan
Metode End User Computing Satisfaction
(EUCS). jurnal.umj.ac.id. Vol. 12, No. 2,
Januari 2022.
] Nurul Adha Oktarini, S., & Alvin (2020).
Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna
pada Portal Program Studi Sistem
Informasi Bina Darma Menggunakan
Metode End User Computing Satisfaction.
Journal of Information Systems and
Informatics, Vol.2, No. 1, March 2020.
] Purba, M., Tarigan, L. L., & Jabat, D. E.
B. (2013). Pengembangan Sistem
Informasi Perpustakaan Berbasis Web Inf
dan Teknol. Ilmiah (INTI), 1.
] Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C.
(2018). Analisis dan perancangan sistem
informasi perpustakaan sekolah
berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala
Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1),
-86.11.] Santoso, H. B. (2017). “Pengembangan
Sistem Informasi Perpustakaan
Menggunakan PHP dan MySQL”. Juenal
Khatulistiwa Informatika, Vol. 5, No. 1,
pp. 31-40.
] Sugiono, V. (2015). Metode Penelitian
Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi
(Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
] Sugiyono, Sugiono. (2017). Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
Kombinasi. Alfabeta
] Sugiyono. (2010). Metode Peneltian
Kuantitatif, Kualitatif, dann R&D.
Bandung: Alfabeta.
] Sumaryanto. (2010). Konsep Dasar Sistem
Informasi. Graha Ilmu