PERANCANGAN UI/UX WEBSITE SD TEOLOGI KRISTEN EFATA DENPASAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Ranti Ani Br Barus
  • Aulia Iefan Datya
  • Ida Bagus Neo Kurnia Amadea
  • Agus Tommy Adi P.K

Keywords:

Perancangan UI/UX, Kebutuhan Pengguna, Design thinking, SUS (System usability scale)

Abstract

SD Teologi Kristen Efata Denpasar merupakan salah satu sekolah yang berdiri sejak 2018. Website yang
digunakan oleh SDTK Efata saat ini masih berbentuk blogspot dan media sosial facebook untuk
mempromosikan serta menyampaikan informasi tentang sekolah kepada publik. Website dan media
sosial SDTK Efata saat ini dianggap kurang efektif, karena belum menampilkan informasi yang lengkap
mengenai profil sekolah, fasilitas dan informasi penting lainnya yang mendukung untuk
mempromosikan sekolah. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan UI/UX menggunakan metode
design thinking pada website SD Teologi Kristen Efata Denpasar. Penerapan tahapan metode design
thinking mulai dari emphatize, define, ideate, prototype dan test diharapkan dapat membantu merancang
desain website sekolah sesuai dengan kebutuhan pengguna di SD Teologi Kristen Efata Denpasar. Hasil
penelitian ini berupa prototype website dengan nilai pengujian SUS (System usability scale) yaitu 80,58.
Nilai tersebut menunjukkan bahwa hasil prototype desain website dengan adjective rate masuk kategori
acceptable atau dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan sesuai dengan kebutuhan pengguna,
dengan persentile rank kategori excellent (bagus sekali).

References

] Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., &

Yusup, D. (2023). Rancang Bangun

Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik

Menggunakan Pendekatan Design

thinking. Innovative: Journal Of

Social Science Research, 3(3), 219-

] Alsindo, Y., Ariandi, M., Yadi, I. Z.,

& Oktarina, T. (2023). RANCANG

BANGUN DESIGN UIUX PADA

APLIKASI WORKFIT

MENGGUNAKAN METODE

DESIGN THINKING. JOISIE

(Journal Of Information Systems And

Informatics Engineering), 7(2), 331-

] Arafat, M., Trimarsiah, Y., &

Susantho, H. (2022). Rancang Bangun

Sistem Informasi Pemesanan Online

Percetakan Sriwijaya Multi Grafika

Berbasis Website. INTECH

(Informatika dan Teknologi), 3(2), 58-

] Asnal, H., Jamaris, M., & Irawan, Y.

(2022). Workshop UI/UX Design dan

Prototyping Dengan Figma di SMK

Taruna Masmur Pekanbaru. JPEMAS-Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 3(1), 18-25.

] Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M.

S. (2020). Analisa dan Perancangan

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH

INFORMATIKA: Jurnal Komputer

Dan Informatika, 4(3), 1-5.

] Aziza, R. F. A. (2019). Analisa

usability desain user interface pada

website Tokopedia menggunakan

metode heuristics evaluation. Jurnal

Tekno Kompak, 13(1), 7-11.

] Azizah, F. N. DESIGN THINKING

DALAM PENDIDIKAN ABAD 21.

] Bhakti, F. K., Ahmad, I., & Adrian, Q.

J. (2022). Perancangan User

experience Aplikasi Pesan Antar

Dalam Kota Menggunakan Metode

Design thinking (Studi Kasus: Kota

Bandar Lampung). Jurnal Teknologi

dan Sistem Informasi, 3(2).

] Buana, W., & Sari, B. N. (2022).

Analisis User interface Meningkatkan

Pengalaman Pengguna Menggunakan

Usability Testing pada Aplikasi

Android Course. DoubleClick:

Journal of Computer and Information

Technology, 5(2), 91-97.

] Fadhli, K., Hariono, T.,

Sifaunajah, A., Nasrulloh, M. F.,

Ahsan, A. Q., AsyĆ¢, M. K., &

Nugroho, A. A. C. (2022).

Peningkatan Promosi Lembaga

Pendidikan Melalui Pendampingan

Pembuatan Website Sekolah. Jumat

Informatika: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 3(3), 128-136.

] Handayani, Y. S., &

Kurniawan, A. (2020). Rancang

Bangun Prototipe Pengendali Pintu

Air Berbasis SMS (Short Message

Service) Untuk Pengairan Sawah

Menggunakan Arduino. Jurnal

Amplifier: Jurnal Ilmiah Bidang

Teknik Elektro Dan Komputer, 10(2),

-41.

] Hartawan, M. S. (2022).

Penerapan User Centered Design

(UCD) pada wireframe desain user

interface dan user experience aplikas sinopsis film. JEIS: Jurnal Elektro

dan Informatika Swadharma, 2(1), 43-

] Haryanto, G. D. P., Ridha, A.

A., & Ridwan, T. (2023).

PERANCANGAN UI/UX SIM DAN

MONITORING TUGAS AKHIR

MENGGUNAKAN METODE

DESIGN THINKING. JATI (Jurnal

Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2),

-1294.

] Hidayat, T., Nurdiawan, O.,

& Wijaya, Y. A. (2023). Analisa

Website Portal Informasi Sekolah

Dengan Menggunakan Metode

Heuristic Evaluation. JATI (Jurnal

Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1),

-746.

] Ilham, H., Wijayanto, B., &

Rahayu, S. P. (2021). Analysis and

Design of User interface/User

experience With the Design thinking

Method in the Academic Information

System of Jenderal Soedirman

University. Jurnal Teknik Informatika

(Jutif), 2(1), 17-26.

] Irawan, D., & Novianto, Z.

(2020). Perancangan E-Learning Pada

Sman 1 Kota Lubuklinggau

Menggunakan Framework

Codeigniter (CI) E-Learning Design

In Sman 1, Lubuklinggau City Using

Framework Codeigniter (CI)

Pendahuluan Perkembangan teknologi

informasi saat ini sangat pesat seiring

den. Jurnal Digital Teknologi

Informasi, 3, 53-60.

] LOMAN, R. D. M. M., &

ERANDARU, E. (2022).

Perbandingan Proses Perancangan

UI/UX Secara Teori dan Praktik Saat

Internship di Eyesimple Creative

Studio. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9.

] Maryati, I., Nugroho, E. I., &

Indrasanti, Z. O. (2022). Analisis

Usability pada Situs Perpustakaan UC

dengan Menggunakan System

usability scale. Jurnal Media

Informatika Budidarma, 6(1), 362-

] Muhyidin, M. A., Sulhan, M.

A., & Sevtiana, A. (2020).

Perancangan Ui/ux Aplikasi My Cic

Layanan Informasi Akademik

Mahasiswa Menggunakan Aplikasi

Figma. Jurnal Digit: Digital of

Information Technology, 10(2), 208-

] Mulyana, I., Kom, M., Putra,

A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., &

Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain

Grafis dan Multimedia (Vol. 1). Flash.

] Ramadhan, S. L. (2021).

Perancangan User experience

Aplikasi Pengajuan E-KTP

menggunakan Metode UCD pada

Kelurahan Tanah Baru. JATISI

(Jurnal Teknik Informatika dan Sistem

Informasi), 8(1), 287-298.

] Saputra, D., & Kania, R.

(2022, August). Implementasi Design

thinking untuk User experience Pada

Penggunaan Aplikasi Digital. In

Prosiding Industrial Research

Workshop and National Seminar (Vol.

, No. 01, pp. 1174-1178).

] Shirvanadi, E. C. (2021).

Perancangan Ulang UI/UX Situs ELearning Amikom Center Dengan

Metode Design thinking (Studi Kasus:

Amikom Center).

] Sudjiran, S., Saefudin, M., &

Perdana, S. A. (2023). Digital System

Ui/ux Design Management

Submission of Agricultural Cost

Loans Using Figma Software.

JISICOM (Journal of Information

System, Informatics and Computing),

(1), 74-85.

] Sulistianingsih, N., & Yusuf,

S. A. A. (2023). Pembuatan dan

Pelatihan Pengelolaan Website di

SMPN 6 Kota Bima sebagai Media

Informasi dan Promosi Sekolah.

Jurnal Pengabdian kepada

Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1810-

] Surentu, Y. Z., Warouw, D.

M., & Rembang, M. (2020).

Pentingnya website sebagai media

informasi destinasi wisata di dinas

kebudayaan dan pariwisata kabupaten

minahasa. Acta Diurna Komunikasi,

(4).

] Telkom University. (2024).

Desain Produk.

a. Diambil dari

https://bpd.telkomuniversity.ac.id/en/apa-itu-prototype-begini-penjelasannya-fungsi-dan-jenis-jenisnya/

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Ranti Ani Br Barus, Aulia Iefan Datya, Ida Bagus Neo Kurnia Amadea, & Agus Tommy Adi P.K. (2025). PERANCANGAN UI/UX WEBSITE SD TEOLOGI KRISTEN EFATA DENPASAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(4). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/3576

Most read articles by the same author(s)