PERANCANGAN UI/UX WEBSITE SD TEOLOGI KRISTEN EFATA DENPASAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Keywords:
Perancangan UI/UX, Kebutuhan Pengguna, Design thinking, SUS (System usability scale)Abstract
SD Teologi Kristen Efata Denpasar merupakan salah satu sekolah yang berdiri sejak 2018. Website yang
digunakan oleh SDTK Efata saat ini masih berbentuk blogspot dan media sosial facebook untuk
mempromosikan serta menyampaikan informasi tentang sekolah kepada publik. Website dan media
sosial SDTK Efata saat ini dianggap kurang efektif, karena belum menampilkan informasi yang lengkap
mengenai profil sekolah, fasilitas dan informasi penting lainnya yang mendukung untuk
mempromosikan sekolah. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan UI/UX menggunakan metode
design thinking pada website SD Teologi Kristen Efata Denpasar. Penerapan tahapan metode design
thinking mulai dari emphatize, define, ideate, prototype dan test diharapkan dapat membantu merancang
desain website sekolah sesuai dengan kebutuhan pengguna di SD Teologi Kristen Efata Denpasar. Hasil
penelitian ini berupa prototype website dengan nilai pengujian SUS (System usability scale) yaitu 80,58.
Nilai tersebut menunjukkan bahwa hasil prototype desain website dengan adjective rate masuk kategori
acceptable atau dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan sesuai dengan kebutuhan pengguna,
dengan persentile rank kategori excellent (bagus sekali).
References
] Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., &
Yusup, D. (2023). Rancang Bangun
Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik
Menggunakan Pendekatan Design
thinking. Innovative: Journal Of
Social Science Research, 3(3), 219-
] Alsindo, Y., Ariandi, M., Yadi, I. Z.,
& Oktarina, T. (2023). RANCANG
BANGUN DESIGN UIUX PADA
APLIKASI WORKFIT
MENGGUNAKAN METODE
DESIGN THINKING. JOISIE
(Journal Of Information Systems And
Informatics Engineering), 7(2), 331-
] Arafat, M., Trimarsiah, Y., &
Susantho, H. (2022). Rancang Bangun
Sistem Informasi Pemesanan Online
Percetakan Sriwijaya Multi Grafika
Berbasis Website. INTECH
(Informatika dan Teknologi), 3(2), 58-
] Asnal, H., Jamaris, M., & Irawan, Y.
(2022). Workshop UI/UX Design dan
Prototyping Dengan Figma di SMK
Taruna Masmur Pekanbaru. JPEMAS-Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 3(1), 18-25.
] Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M.
S. (2020). Analisa dan Perancangan
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris
Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH
INFORMATIKA: Jurnal Komputer
Dan Informatika, 4(3), 1-5.
] Aziza, R. F. A. (2019). Analisa
usability desain user interface pada
website Tokopedia menggunakan
metode heuristics evaluation. Jurnal
Tekno Kompak, 13(1), 7-11.
] Azizah, F. N. DESIGN THINKING
DALAM PENDIDIKAN ABAD 21.
] Bhakti, F. K., Ahmad, I., & Adrian, Q.
J. (2022). Perancangan User
experience Aplikasi Pesan Antar
Dalam Kota Menggunakan Metode
Design thinking (Studi Kasus: Kota
Bandar Lampung). Jurnal Teknologi
dan Sistem Informasi, 3(2).
] Buana, W., & Sari, B. N. (2022).
Analisis User interface Meningkatkan
Pengalaman Pengguna Menggunakan
Usability Testing pada Aplikasi
Android Course. DoubleClick:
Journal of Computer and Information
Technology, 5(2), 91-97.
] Fadhli, K., Hariono, T.,
Sifaunajah, A., Nasrulloh, M. F.,
Ahsan, A. Q., AsyĆ¢, M. K., &
Nugroho, A. A. C. (2022).
Peningkatan Promosi Lembaga
Pendidikan Melalui Pendampingan
Pembuatan Website Sekolah. Jumat
Informatika: Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 3(3), 128-136.
] Handayani, Y. S., &
Kurniawan, A. (2020). Rancang
Bangun Prototipe Pengendali Pintu
Air Berbasis SMS (Short Message
Service) Untuk Pengairan Sawah
Menggunakan Arduino. Jurnal
Amplifier: Jurnal Ilmiah Bidang
Teknik Elektro Dan Komputer, 10(2),
-41.
] Hartawan, M. S. (2022).
Penerapan User Centered Design
(UCD) pada wireframe desain user
interface dan user experience aplikas sinopsis film. JEIS: Jurnal Elektro
dan Informatika Swadharma, 2(1), 43-
] Haryanto, G. D. P., Ridha, A.
A., & Ridwan, T. (2023).
PERANCANGAN UI/UX SIM DAN
MONITORING TUGAS AKHIR
MENGGUNAKAN METODE
DESIGN THINKING. JATI (Jurnal
Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2),
-1294.
] Hidayat, T., Nurdiawan, O.,
& Wijaya, Y. A. (2023). Analisa
Website Portal Informasi Sekolah
Dengan Menggunakan Metode
Heuristic Evaluation. JATI (Jurnal
Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1),
-746.
] Ilham, H., Wijayanto, B., &
Rahayu, S. P. (2021). Analysis and
Design of User interface/User
experience With the Design thinking
Method in the Academic Information
System of Jenderal Soedirman
University. Jurnal Teknik Informatika
(Jutif), 2(1), 17-26.
] Irawan, D., & Novianto, Z.
(2020). Perancangan E-Learning Pada
Sman 1 Kota Lubuklinggau
Menggunakan Framework
Codeigniter (CI) E-Learning Design
In Sman 1, Lubuklinggau City Using
Framework Codeigniter (CI)
Pendahuluan Perkembangan teknologi
informasi saat ini sangat pesat seiring
den. Jurnal Digital Teknologi
Informasi, 3, 53-60.
] LOMAN, R. D. M. M., &
ERANDARU, E. (2022).
Perbandingan Proses Perancangan
UI/UX Secara Teori dan Praktik Saat
Internship di Eyesimple Creative
Studio. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9.
] Maryati, I., Nugroho, E. I., &
Indrasanti, Z. O. (2022). Analisis
Usability pada Situs Perpustakaan UC
dengan Menggunakan System
usability scale. Jurnal Media
Informatika Budidarma, 6(1), 362-
] Muhyidin, M. A., Sulhan, M.
A., & Sevtiana, A. (2020).
Perancangan Ui/ux Aplikasi My Cic
Layanan Informasi Akademik
Mahasiswa Menggunakan Aplikasi
Figma. Jurnal Digit: Digital of
Information Technology, 10(2), 208-
] Mulyana, I., Kom, M., Putra,
A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., &
Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain
Grafis dan Multimedia (Vol. 1). Flash.
] Ramadhan, S. L. (2021).
Perancangan User experience
Aplikasi Pengajuan E-KTP
menggunakan Metode UCD pada
Kelurahan Tanah Baru. JATISI
(Jurnal Teknik Informatika dan Sistem
Informasi), 8(1), 287-298.
] Saputra, D., & Kania, R.
(2022, August). Implementasi Design
thinking untuk User experience Pada
Penggunaan Aplikasi Digital. In
Prosiding Industrial Research
Workshop and National Seminar (Vol.
, No. 01, pp. 1174-1178).
] Shirvanadi, E. C. (2021).
Perancangan Ulang UI/UX Situs ELearning Amikom Center Dengan
Metode Design thinking (Studi Kasus:
Amikom Center).
] Sudjiran, S., Saefudin, M., &
Perdana, S. A. (2023). Digital System
Ui/ux Design Management
Submission of Agricultural Cost
Loans Using Figma Software.
JISICOM (Journal of Information
System, Informatics and Computing),
(1), 74-85.
] Sulistianingsih, N., & Yusuf,
S. A. A. (2023). Pembuatan dan
Pelatihan Pengelolaan Website di
SMPN 6 Kota Bima sebagai Media
Informasi dan Promosi Sekolah.
Jurnal Pengabdian kepada
Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1810-
] Surentu, Y. Z., Warouw, D.
M., & Rembang, M. (2020).
Pentingnya website sebagai media
informasi destinasi wisata di dinas
kebudayaan dan pariwisata kabupaten
minahasa. Acta Diurna Komunikasi,
(4).
] Telkom University. (2024).
Desain Produk.
a. Diambil dari
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.