PERSEPSI MAHASISWA BERDASARKAN GENDER TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFFLINE
Article Sidebar
Download : 110
Main Article Content
Abstract
Sistem pembelajaran secara online (daring) awalnya bertujuan sebagai alternatif dari
sistem pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Dengan adanya pandemi Covid-19
terjadi perubahan drastis yaitu sistem pembelajaran online secara penuh. Meredanya
pandemi Covid-19 akhirnya sistem pembelajaran secara hibrid yaitu gabungan antara
offline dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik tentang
sistem pembelajaran dikaitkan dengan terkait faktor gender. Sebanyak 157 mahasiswa
eksakta digunakan sebagai sampel yang terdiri dari 65 laki-laki dan 92 perempuan.
Penelitian observasional menggunakan kuisener dengan pertanyaan tentang pemilihan
sistem pembelajaran (offline, online dan hibrid), pemilihan waktu (pagi, siang, sore dan
malam) dan persepsi tentang pembelajaran offline (mudah memahami, menyenangkan,
praktis). Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran online lebih banyak dipilih oleh
laki-laki, sebaliknya perempuan lebih banyak memilih sistem offline. Berdasarkan
pemilihan waktu pembelajaran online, peserta didik laki-laki lebih memilih waktu pagi
hari, sedangkan perempuan lebih banyak memilih waktu siang, sore dan malam. Secara
keseluruhan sistem pembelajaran offline lebih memudahkan pemahaman materi
pembelajaran dibandingkan online. Dapat disimpulkan bahwa ada persepsi yang berbeda
tentang pembelajaran online antara peserta didik laki-laki dengan yang perempuan. Perlu
teknis dan strategi yang berbeda antara pembelajaran online kepada peserta didik laki-
laki dan perempuan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Cuadrado-Garcíaa M, Ruiz-
Molinaa ME, Montoro-Ponsb,
JD, 2011. Are there gender
differences in e-learning use
and assessment? Evidence
from an interuniversity online
project in Europe, Procedia
Social and Behavioral
Sciences 2 (2010)., pp. 367–
,
How Much Time Should
Students Spend Studying
Online?,” Edu WW. ….
learning-tips/how-much-time-
should-students-spend-
studying-online/, Query date:
-Feb-2024.
Hollister, B., Nair, P., Hill-
Lindsay, S. and Chukoskie, L,
Engagement in Online
Learning: Student Attitudes
and Behavior During COVID-
B Frontier in Educ.,
Vol.7.article.851019: 1-16.
Idrizi, E., Filiposka, S.,and
Trajkovik, V, 2020. ICT
Innovations Web Proceedings,
in Online conference.
Mangalam, KR, 2023. Online
Classes vs Offline Classes, KR
Mangalam Gurgaon World
School. ……
https://leverageedu.com/blog/o
nline-classes-vs-offline-
classes/, Query date: 12-Feb-
Omar, HN, Bibianah T. Jusoh,
MZ., Jalil, SZ., 2021.
Students’ Perception and
Preference for Online Learning in
Sabah During Covid-19 Pandemic,
Int J Acad Res in Business and Soc
Sci, vol. 11, no. 11, pp. 270-292,.
Comparing Online Learning and
Offline Learning During the COVID-
Pandemic, PBI UII (Program studi
Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Islam Indonesia).
…………….……
https://pbi.uii.ac.id/2022/03/31/comp
aring-online-learning-and-offline-
learning-during-the-covid-19-
pandemic/. Query date: 12-Feb-2024.
Ramli, K., Assaiqeli, A., Mostafa,
NA., Singh, CKS., 2022. Gender
Perceptions of Benefits and
Challenges of Online Learning in
Malaysian ESL Classrooms during
COVID-19, Studies in English
Language and Education, vol. 9, no.
, pp. 613-631,
Riastuti, RD. Febrianti, Y. Widiya, M.
Kristiawan, M, 2022. Student
Perceptions of Online Learning During
the Covid-19 Pandemic, Int J of
Multicultural and Multireligious
Understanding (IJMMU) vol. 9, no. 1,
pp. 1-17.
Yu, Z., 2021. The efects of gender,
educational level, and personality on
online learning outcomes during the
COVID‑19 pandemic, International
Journal of Educational Technology in
Higher Education., vol. 18, no. 14, pp.
–332.
Yu, Z and Deng X, 2022. A Meta-
Analysis of Gender Differences in e-
Learners’ Self-Efficacy, Satisfaction,
Motivation, Attitude, and Performance
Across the World, Frontier in
Pshychology., vol. 13