PERSEPSI MAHASISWA BERDASARKAN GENDER TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFFLINE

Main Article Content

I Made Adi Bhaskara
I Made Surya Kumara
I Gede Wira Darma
Ni Putu Widya Yuniari
Gde Wikan Pradnya

Abstract

Sistem pembelajaran secara online (daring) awalnya bertujuan sebagai alternatif dari
sistem pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Dengan adanya pandemi Covid-19
terjadi perubahan drastis yaitu sistem pembelajaran online secara penuh. Meredanya
pandemi Covid-19 akhirnya sistem pembelajaran secara hibrid yaitu gabungan antara
offline dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik tentang
sistem pembelajaran dikaitkan dengan terkait faktor gender. Sebanyak 157 mahasiswa
eksakta digunakan sebagai sampel yang terdiri dari 65 laki-laki dan 92 perempuan.
Penelitian observasional menggunakan kuisener dengan pertanyaan tentang pemilihan
sistem pembelajaran (offline, online dan hibrid), pemilihan waktu (pagi, siang, sore dan
malam) dan persepsi tentang pembelajaran offline (mudah memahami, menyenangkan,
praktis). Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran online lebih banyak dipilih oleh
laki-laki, sebaliknya perempuan lebih banyak memilih sistem offline. Berdasarkan
pemilihan waktu pembelajaran online, peserta didik laki-laki lebih memilih waktu pagi
hari, sedangkan perempuan lebih banyak memilih waktu siang, sore dan malam. Secara
keseluruhan sistem pembelajaran offline lebih memudahkan pemahaman materi
pembelajaran dibandingkan online. Dapat disimpulkan bahwa ada persepsi yang berbeda
tentang pembelajaran online antara peserta didik laki-laki dengan yang perempuan. Perlu
teknis dan strategi yang berbeda antara pembelajaran online kepada peserta didik laki-
laki dan perempuan

Article Details

How to Cite
I Made Adi Bhaskara, I Made Surya Kumara, I Gede Wira Darma, Ni Putu Widya Yuniari, & Gde Wikan Pradnya. (2024). PERSEPSI MAHASISWA BERDASARKAN GENDER TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFFLINE. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.2970
Section
Articles

References

Cuadrado-Garcíaa M, Ruiz-

Molinaa ME, Montoro-Ponsb,

JD, 2011. Are there gender

differences in e-learning use

and assessment? Evidence

from an interuniversity online

project in Europe, Procedia

Social and Behavioral

Sciences 2 (2010)., pp. 367–

,

How Much Time Should

Students Spend Studying

Online?,” Edu WW. ….

https://eduww.net/online-

learning-tips/how-much-time-

should-students-spend-

studying-online/, Query date:

-Feb-2024.

Hollister, B., Nair, P., Hill-

Lindsay, S. and Chukoskie, L,

Engagement in Online

Learning: Student Attitudes

and Behavior During COVID-

B Frontier in Educ.,

Vol.7.article.851019: 1-16.

Idrizi, E., Filiposka, S.,and

Trajkovik, V, 2020. ICT

Innovations Web Proceedings,

in Online conference.

Mangalam, KR, 2023. Online

Classes vs Offline Classes, KR

Mangalam Gurgaon World

School. ……

https://leverageedu.com/blog/o

nline-classes-vs-offline-

classes/, Query date: 12-Feb-

Omar, HN, Bibianah T. Jusoh,

MZ., Jalil, SZ., 2021.

Students’ Perception and

Preference for Online Learning in

Sabah During Covid-19 Pandemic,

Int J Acad Res in Business and Soc

Sci, vol. 11, no. 11, pp. 270-292,.

Comparing Online Learning and

Offline Learning During the COVID-

Pandemic, PBI UII (Program studi

Pendidikan Bahasa Inggris

Universitas Islam Indonesia).

…………….……

https://pbi.uii.ac.id/2022/03/31/comp

aring-online-learning-and-offline-

learning-during-the-covid-19-

pandemic/. Query date: 12-Feb-2024.

Ramli, K., Assaiqeli, A., Mostafa,

NA., Singh, CKS., 2022. Gender

Perceptions of Benefits and

Challenges of Online Learning in

Malaysian ESL Classrooms during

COVID-19, Studies in English

Language and Education, vol. 9, no.

, pp. 613-631,

Riastuti, RD. Febrianti, Y. Widiya, M.

Kristiawan, M, 2022. Student

Perceptions of Online Learning During

the Covid-19 Pandemic, Int J of

Multicultural and Multireligious

Understanding (IJMMU) vol. 9, no. 1,

pp. 1-17.

Yu, Z., 2021. The efects of gender,

educational level, and personality on

online learning outcomes during the

COVID‑19 pandemic, International

Journal of Educational Technology in

Higher Education., vol. 18, no. 14, pp.

–332.

Yu, Z and Deng X, 2022. A Meta-

Analysis of Gender Differences in e-

Learners’ Self-Efficacy, Satisfaction,

Motivation, Attitude, and Performance

Across the World, Frontier in

Pshychology., vol. 13