PENERAPAN MDLC DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “MENGENAL HEWAN” SDN CIMONE 3

Authors

  • Arizka Indah Dwi Nugraheni
  • Haryoko

DOI:

https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.2998

Keywords:

Multimedia Development Live Cycle, Aplikasi, Multimedia Interaktif

Abstract

Modernisasi mengubah cara bermain dan belajar anak, yang kini lebih suka menggunakan gadget.
Anak mudah bosan, namun orang tua sering tidak mengawasi penggunaan gadget, sehingga anak
bisa mengakses konten yang tidak sesuai umur. Untuk itu, penulis membuat aplikasi interaktif
"Mengenal Hewan" menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Data
dikumpulkan melalui wawancara di SD Negeri Cimone 3, dengan target pengguna guru dan siswa
kelas 1 dan 2. Aplikasi ini membantu pembelajaran pengenalan hewan. Pengujian menunjukkan
aplikasi memenuhi kebutuhan fungsional dengan skor 93% dari ahli multimedia dan 93.7% dari
pengguna umum, menunjukkan hasil "Sangat Baik".

References

E. Nurillahwaty, “Peran Teknologi

Dalam Dunia Pendidikan”, Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan, vol. 1, pp. 81-85, Desember

, P-ISSN 2985-587X

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurik

ulum-merdeka/

Keputusan Menteri Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik

Indonesia Nomor 262/M/2022

https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?mai

n=3156

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A

– Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulummerdeka/capaian-pembelajaran#mp-preview-t

H. D. Surjono, Multimedia Pembelajaran

Interaktif, Yogyakarta: UNY Press, 2017

A. F. Sofyan, A. Purwanto, and U. A.

Yogyakarta, Digital Multimedia : Animasi, Sound

Editting, & Video Editting. Andi, 2020

P. Manurung, “Multimedia Interaktif

Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi

COVID 19”, Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, vol. 14, no. 1,

pp. 1-12, 2021, e-ISSN2721-4397, doi :

51672/alfikru.v14i1.33

Samsudin, M. D. Irawan and A. H.

Harahap, “Mobile App Education Gangguan

Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia

Menggunakan Adobe Animate CC,” Jurnal

Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, 2019, E-ISSN

-2738

E. Ayuningsih and I. Gunawan,

“Perancangan Video Animasi Sebagai Sarana

Promosi Berbasis Motion Graphic Pada Taufiq

Ponsel”

Madcoms, Kupas Tuntas Adobe Flash

Professional CS 6, Yogyakarta: CV Andi Offset,

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta:

PT Raja grafindo persada, 2011

R. Wahyuningrum, Agatha Mahartina P,

“Pembuatan Aplikasi Edukasi Pembelajaran

Bahasa Inggris Dasar Untuk Siswa Kelas 1 dan 2

Sd Berbasis Android”, Jurnal Esensi Infokom,

vol.6, no.2, 2022 [13] R. K. Fuadi, Harmastuti, D. Setyowati,

“Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun

Ruangberbasis Unity” Jurnal Jurnal Teknologi

Technoscientia, vol. 14, no. 2, pp. 109-120, 2022,

E-ISSN: 2714-8025, doi:

34151/technoscientia.v14i2.3628

D. Nazelliana, “Aplikasi Pembelajaran

Anatomi Tubuh Manusia berbasis Android untuk

Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Informatika

Universitas Pamulang, vol. 5, no. 4, 2021

R. Novita, S. Z. Harahap,

“Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Smk”

Informatika: Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Labuhanbatu, vol. 8, no.1, 2020

D. Handayani, D. V. Rahayu,

“Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Berbasis Android Menggunakan I-Spring Dan Apk

Builder”, Mathline Jurnal Matematika Dan

Pendidikan Matematika, vol.5, no. 1, 2020

M. N. Hingide, A. Mewengkang, and C.

P. C. Munaiseche, “Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif

Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN

SMK”, EduTIK: Jurnal Teknologi Informasi, dan

Komunikasi, vol. 1, no. 5, pp. 557-566, 2021

A. S. A. Raharjo, Rufi’I, Hartono,

“Penerapan Media Pembelajaran Multimedia

Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar”, JIPI (Jurnal

Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika),

vol. 07, no. 02, pp. 441-452, 2022

Nasution, M. F, U. Darwis, “Jurnal

Penelitian Pendidikan Pengembangan Media

Pembelajran Berbasis Komputer Menggunakan

Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD

Negeri 068074 Medan Denai,” Edu Glob. J. Penelit.

Pendidik., vol. 01, no.01, 2022

A. T. Devega, M. Giatman, A. Zulatama,

and M. Roipianto, “Aplikasi Media Pembelajaran

Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia

Berbasis Andorid pada Sekolah Dasar,” JTEV

(Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 8,

no.1, p.117, 2022

I. Ismunandar, R. Prasetya, dan N.

Kustian, “Aplikasi Android Pembelajaran Huruf

Hijaiyah Beserta Tanda Bacanya Pada Tk Ar

Raihan,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa

Informatika (JRAMI), vol. 02, 2021

N. Riswandari, N. Yuwita, and G. Setiadi

“Pengembangan E-Learning Menggunakan Adobe

Animate Creative Cloud Dengan Penerapan

Metode Multimedia Development Life Cycle

(MDLC)”, AKADEMIKA Jurnal Manajemen

Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 76-92, 2021, EISSN 2721-9658, doi:

51339/akademika.v3i1.310

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Arizka Indah Dwi Nugraheni, & Haryoko. (2024). PENERAPAN MDLC DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “MENGENAL HEWAN” SDN CIMONE 3. JUTIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2). https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.2998