PENERAPAN MDLC DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “MENGENAL HEWAN” SDN CIMONE 3
DOI:
https://doi.org/10.36002/jutik.v10i2.2998Keywords:
Multimedia Development Live Cycle, Aplikasi, Multimedia InteraktifAbstract
Modernisasi mengubah cara bermain dan belajar anak, yang kini lebih suka menggunakan gadget.
Anak mudah bosan, namun orang tua sering tidak mengawasi penggunaan gadget, sehingga anak
bisa mengakses konten yang tidak sesuai umur. Untuk itu, penulis membuat aplikasi interaktif
"Mengenal Hewan" menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Data
dikumpulkan melalui wawancara di SD Negeri Cimone 3, dengan target pengguna guru dan siswa
kelas 1 dan 2. Aplikasi ini membantu pembelajaran pengenalan hewan. Pengujian menunjukkan
aplikasi memenuhi kebutuhan fungsional dengan skor 93% dari ahli multimedia dan 93.7% dari
pengguna umum, menunjukkan hasil "Sangat Baik".
References
E. Nurillahwaty, “Peran Teknologi
Dalam Dunia Pendidikan”, Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan, vol. 1, pp. 81-85, Desember
, P-ISSN 2985-587X
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurik
ulum-merdeka/
Keputusan Menteri Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia Nomor 262/M/2022
https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?mai
n=3156
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A
– Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulummerdeka/capaian-pembelajaran#mp-preview-t
H. D. Surjono, Multimedia Pembelajaran
Interaktif, Yogyakarta: UNY Press, 2017
A. F. Sofyan, A. Purwanto, and U. A.
Yogyakarta, Digital Multimedia : Animasi, Sound
Editting, & Video Editting. Andi, 2020
P. Manurung, “Multimedia Interaktif
Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi
COVID 19”, Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, vol. 14, no. 1,
pp. 1-12, 2021, e-ISSN2721-4397, doi :
51672/alfikru.v14i1.33
Samsudin, M. D. Irawan and A. H.
Harahap, “Mobile App Education Gangguan
Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia
Menggunakan Adobe Animate CC,” Jurnal
Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, 2019, E-ISSN
-2738
E. Ayuningsih and I. Gunawan,
“Perancangan Video Animasi Sebagai Sarana
Promosi Berbasis Motion Graphic Pada Taufiq
Ponsel”
Madcoms, Kupas Tuntas Adobe Flash
Professional CS 6, Yogyakarta: CV Andi Offset,
A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta:
PT Raja grafindo persada, 2011
R. Wahyuningrum, Agatha Mahartina P,
“Pembuatan Aplikasi Edukasi Pembelajaran
Bahasa Inggris Dasar Untuk Siswa Kelas 1 dan 2
Sd Berbasis Android”, Jurnal Esensi Infokom,
vol.6, no.2, 2022 [13] R. K. Fuadi, Harmastuti, D. Setyowati,
“Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun
Ruangberbasis Unity” Jurnal Jurnal Teknologi
Technoscientia, vol. 14, no. 2, pp. 109-120, 2022,
E-ISSN: 2714-8025, doi:
34151/technoscientia.v14i2.3628
D. Nazelliana, “Aplikasi Pembelajaran
Anatomi Tubuh Manusia berbasis Android untuk
Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Informatika
Universitas Pamulang, vol. 5, no. 4, 2021
R. Novita, S. Z. Harahap,
“Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Smk”
Informatika: Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Labuhanbatu, vol. 8, no.1, 2020
D. Handayani, D. V. Rahayu,
“Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Android Menggunakan I-Spring Dan Apk
Builder”, Mathline Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, vol.5, no. 1, 2020
M. N. Hingide, A. Mewengkang, and C.
P. C. Munaiseche, “Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif
Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN
SMK”, EduTIK: Jurnal Teknologi Informasi, dan
Komunikasi, vol. 1, no. 5, pp. 557-566, 2021
A. S. A. Raharjo, Rufi’I, Hartono,
“Penerapan Media Pembelajaran Multimedia
Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar”, JIPI (Jurnal
Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika),
vol. 07, no. 02, pp. 441-452, 2022
Nasution, M. F, U. Darwis, “Jurnal
Penelitian Pendidikan Pengembangan Media
Pembelajran Berbasis Komputer Menggunakan
Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD
Negeri 068074 Medan Denai,” Edu Glob. J. Penelit.
Pendidik., vol. 01, no.01, 2022
A. T. Devega, M. Giatman, A. Zulatama,
and M. Roipianto, “Aplikasi Media Pembelajaran
Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia
Berbasis Andorid pada Sekolah Dasar,” JTEV
(Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 8,
no.1, p.117, 2022
I. Ismunandar, R. Prasetya, dan N.
Kustian, “Aplikasi Android Pembelajaran Huruf
Hijaiyah Beserta Tanda Bacanya Pada Tk Ar
Raihan,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa
Informatika (JRAMI), vol. 02, 2021
N. Riswandari, N. Yuwita, and G. Setiadi
“Pengembangan E-Learning Menggunakan Adobe
Animate Creative Cloud Dengan Penerapan
Metode Multimedia Development Life Cycle
(MDLC)”, AKADEMIKA Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 76-92, 2021, EISSN 2721-9658, doi:
51339/akademika.v3i1.310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.