PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ASINKRONUS MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ

Main Article Content

I Gede Neil Prajamukti Wardhana
Ni Luh Desy Suari Dewi

Abstract

ABSTRAK
Pembelajaran asinkronus sudah tidak asing lagi bagi para pendidik/pengajar di era pandemi
saat ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran asinkronus menggunakan
Quizizz efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan mengetahui model pembelajaran
bahasa Inggris dan kendala menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Dhyana Pura Bali dengan objek
mahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa Inggris tahun ajaran 2020/2021. Metode yang
dilakukan dalam pengumpulan data adalah metode analisis deskriptif dengan mengamati
proses pembelajaran mahasiswa secara daring. Penelitian ini yang dirasakan mahasiswa terkait
keefektifan dari kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa prodi Sastra Inggris dan beberapa
prodi yang lain di Universitas Dhyana Pura menunjukkan bahwa 100% mahasiswa menyukai
model pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Quizizz ini. Berdasarkan hasil observasi
dan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa, mahasiswa sangat menyukai pembelajaran
dengan menggunakan aplikasi ini. Baik proses secara pembelajaran langsung atau asinkronus.
Fitur pembelajaran aplikasi ini sangat menarik dan hasil survei kepada mahasiswa
menunjukkan 100% mahasiswa menyukai dan fitur-fitur pada aplikasi ini juga disukai sama
mahasiswa. Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang pasti dan terutama adalah koneksi
internet untuk mengerjakannya, di mana Aplikasi Quizziz perlu koneksi yang baik.
Kata Kunci: Asinkronus, Bahasa Inggris, Aplikasi Quizizz
ABSTRACT
Asinkronus learning is no stranger to educators/teachers in the current pandemic era. The aim
of this study was to determine the effectiveness of asinkronus learning using Quizizz in learning
English and to find out the model of learning English and the obstacles to using Quizizz
application. This research is a qualitative descriptive study. This research was conducted at
Dhyana Pura Bali University with students taking English courses for the 2020/2021 academic
year. The method used in data collection is a descriptive analysis method by observing the
online student learning process. This research that is felt by students regarding the
effectiveness of the questionnaire given to students of the English Literature study program
and several other study programs at Dhyana Pura University shows that 100% of students like
the learning model using this Quizizz application. Based on the results of observations and
questionnaires given to students, students really like learning by using this application. Either
the learning process is direct or asinkronus. The learning features of this application are very
interesting and the results of a survey to students show that 100% of students like it and the
features in this application are also liked by students. Constraints faced by students who are
sure and foremost is the internet connection to do it. It needs a good internet connection if you
use this Quizizz application.
Keywords: Asinkronus, English, Quizizz Application

Article Details

How to Cite
Wardhana, I. G. N. P., & Dewi, N. L. D. S. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ASINKRONUS MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ. LITERA : Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 8(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/litera/article/view/1753
Section
Articles