Pelatihan dan Pendampingan Menjadi Guru yang Inovatif Pada Era Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kecamatan Nusa Penida

Main Article Content

I Nyoman Pancaria
Putu Yulia Angga Dewi
I Ketut Suparya
Made Adi Nugraha Tristaningrat
Komang Surya Adnyana
I Putu Suardipa
Ni Nyoman Kurniawati
I Ketut Ngurah Ardiawan
Gusti Ngurah Arya Yudaparmita
Ni Putu Candra Prastya Dewi
Luh Heny Nirmayani
Kadek Hengki Primayana
I Made Ari Winangun
I Komang Wahyu Wiguna
Putu Eka Sastrika Ayu
I Gede Arya Wiradnyana
Putu Ida Arsani Dewi

Abstract

Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah fokus pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam, waktu lebih banyak untuk pengembangan kompetensi dan karakter melalui belajar kelompok seputar konteks nyata (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Capaian pembelajaran per fase dan jam pelajaran yang fleksibel mendorong pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan. Modul ajar dalam konteks Kurikulum Merdeka merupakan bahan pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan komprehensif untuk mendukung implementasi kurikulum yang berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik. Modul ajar Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Peserta didik dihadapkan pada situasi atau masalah nyata yang harus dipecahkan melalui kegiatan proyek atau penyelidikan. Pendampingan ini akan membantu guru dalam mengatasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi, serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan pembelajaran di masa depan. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 25 orang yang berasal dari beberapa sekolah dasar di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.


 

Article Details

How to Cite
Pancaria, I. N., Yulia Angga Dewi, P., Suparya, I. K., Adi Nugraha Tristaningrat, M., Surya Adnyana, K., Suardipa, I. P., Kurniawati, N. N., Ardiawan, I. K. N., Arya Yudaparmita, G. N., Candra Prastya Dewi, N. P., Heny Nirmayani, L., Hengki Primayana, K., Ari Winangun, I. M., Wahyu Wiguna, I. K., Eka Sastrika Ayu, P., Arya Wiradnyana, I. G., & Ida Arsani Dewi, P. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Menjadi Guru yang Inovatif Pada Era Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kecamatan Nusa Penida. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 8(1), 7–11. https://doi.org/10.36002/jpd.v8i1.3011
Section
Articles

References

Affifah, Farrah Putri. (2022) Apa Itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ini Pengertian, Konsep dan Keunggulannya. Tersedia pada https://www.tribunnews.com/pendidikan/2022/07/04/apa-itu-kurikulum-merdeka-belajar-ini-pengertian-konsep-dan-keunggulannya.

Kasiyanti. (2021) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas. Tersedia pada https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/implementasi-pembelajaran-berdiferensiasi-di-kelas.

Kemendikbudristek. 2021. Presentasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek

Sugiarti, Nurlinah dan Mulyono. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Jurnal BAPALA. Vol 9. No 9. 157—164