Stimulasi Brain Gym di TK Widya Bhakti Desa Tua Marga Tabanan

Main Article Content

I Kadek Agus Sukadana
IWK Teja Kusuma
Putu Indah Lestari

Abstract


Desa Tua terletak di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Desa Tua memiliki satu Taman Kanak-kanak yaitu TK Widya Bhakti dengan total keseluruhan sebanyak 34 siswa. Dari hasil survey yang didapat ada beberapa masalah yang dihadapi oleh Desa Tua dengan bidang pendidikan Sumber Daya Manusia dengan menyasar khusus siswa Taman Kanak-kanak. Salah satu program kerja di bidang pendidikan yaitu program kerja stimulasi brain gym bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak-anak sebelum memulai kegiatan belajar. Pelatihan brain gym dilakukan selama tiga minggu. Adapun 10 gerakan brain gym yang diberikan pada anak Kelompok B dan gerakan untuk siswa Kelompok A lebih sederhana karena menyesuaikan kemampuan anak. Pelatihan brain gym bagi siswa TK Widya Bhakti memberikan hasil yang signifikan. Terdapat peningkatan sebesar 76% dengan rata-rata konsentrasi anak Kelompok B selama 10,56 menit. Sementara pada Kelompok A juga mengalami peningkatan sebesar 27,5% dengan rata-rata konsentrasi anak Kelompok A selama 11,6 menit. TK Widya Bhakti juga diberikan video edukasi brain gym untuk mendukung kelanjutan program ini, sehingga program ini dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam rutinitas harian di kelas.


Article Details

How to Cite
Agus Sukadana, I. K., Teja Kusuma, I., & Indah Lestari, P. (2025). Stimulasi Brain Gym di TK Widya Bhakti Desa Tua Marga Tabanan. Paradharma: Jurnal Aplikasi IPTEK, 9(1), 7–11. https://doi.org/10.36002/jpd.v9i1.4882
Section
Articles

References

Astuti, N. M. A. (2017). Kegiatan Senam Otak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 601–607. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12349

Ikaningrum, R. E., Indriani, L., Fortinasari, P. B., Dewi, L. S., & Diani, W. R. (2020). Pembiasaan Berpikir Kritis Menggunakan Teknik Storytelling untuk Menangkal Tindakan Bullying. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3), 35–43. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19968

Lestari, P. I., Prima, E., & Pramita, I. (2020). PHBS dan Brain Gym Menuju PAUD Sehat di Kintamani. … : Jurnal Pengabdian Kepada …, 3, 279–289. http://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/555

Milyanti, A. E., & Hasibuan, R. (2016). Pengaruh Metode Brain Gym Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B. PAUD Teratai, 5(3), 16–19.

Pramita, I., & Diaris, N. M. (2020). Stimulasi Brain Gym Kepada Siswa PAUD di Sang Tunas. Widya Laksana, 9(1), 39–44.