Penyebaran Informasi Dengan Pemanfaatan Teknologi Untuk IRT Etika Jaya Denpasar
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan dan
perluasan produk. Pemasaran memiliki manfaat yang sangat penting bagi pengusaha dalam hal ini
adalah IRT atau UKM yang akan memasarkan produk yang telah diproduksi. Mitra dalam kegiatan
pengabdian ini adalah IRT yang memiliki usaha dalam memproduksi aneka jajan seperti aneka
donat, kue sus kering dan kue sus vla yang diproduksi setiap hari. Proses pemasaran mitra masih
menggunakan pemasaran tradisional yaitu mitra menjual jajanan dengan menitipkan pada tokotoko
di sekitaran lokasi mitra dan pasar pagi yang ada di daerah lokasi mitra. Permasalahan yang
saat ini dialami mitra adalah proses pemasaran masih secara tradisional, kemasan produk mitra saat
ini masih sangat sederhana hanya menggunakan plastik bening tanpa memiliki label produk atau
informasi nama usaha mitra. Dari permasalahan mitra saat ini maka solusi yang akan diberikan
dalam kegiatan ini adalah pelatihan pembuatan labeling kemasan untuk produk usaha mitra.
Pelatihan labeling kemasan dimulai dengan kegiatan sosialisasi untuk kegiatan pengabdian
masyarakat yang telah dilakukan, tahap selanjutnya dilakukan persiapan pembuatan desain label
oleh tim pengabdian masyarakat dan kegiatan ketiga adalah dilakukan kegiatan pelatihan labeling
kemasan untuk produk dipasarkan. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan pengabdian yang
telah berlangsung adalah untuk pemanfaatan teknologi saat ini menjadi sangat cepat penyebaran
informasi produk yang di produksi sehingga mitra mengalami penambahan pesanan melalui media
online yang dapat dilihat dari media sosial yang telah di implementasikan. Kegiatan pengabdian
dengan memberikan labeling kemasan menjadi lebih bermanfaat dengan mencantumkan informasi
nama usaha dan pemesanan.
Kata kunci: Produksi, Kemasan, Desain,Pemasaran,Pengabdian Masyarakat
ABSTRACT
Marketing is one of the activities can be done in the development and expansion of products and
has important role to IRT (home industries) or SME in order to market the products. Partners in
this community engagement are the IRT or SME that produces daily various kinds of snacks such
as donuts, crispy choux, choux pastry. The marketing process used by partners were implemented
in traditional way, where snacks are sold by wrapped them in clear plastic bag without label or the
business name. Based on the problem and demand from partner, solutions were offered on
marketing strategy training and product labeling. The activities were started by community
engagement socialization, continued with preparation on label design, then trained partner to do
labeling for the marketed products. The community engagement activities aim to accelerate the use
of technology to promote the product information through online platform. Marketing through
social media were introduced and business identity design labeled to the products. The given
strategies were proved to be successfully, the product order increased through social media and
the product label become well known in the community.
Keyword: Production, Packaging, Design, Marketing, Community Engagement
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan dan
perluasan produk. Pemasaran memiliki manfaat yang sangat penting bagi pengusaha dalam hal ini
adalah IRT atau UKM yang akan memasarkan produk yang telah diproduksi. Mitra dalam kegiatan
pengabdian ini adalah IRT yang memiliki usaha dalam memproduksi aneka jajan seperti aneka
donat, kue sus kering dan kue sus vla yang diproduksi setiap hari. Proses pemasaran mitra masih
menggunakan pemasaran tradisional yaitu mitra menjual jajanan dengan menitipkan pada tokotoko
di sekitaran lokasi mitra dan pasar pagi yang ada di daerah lokasi mitra. Permasalahan yang
saat ini dialami mitra adalah proses pemasaran masih secara tradisional, kemasan produk mitra saat
ini masih sangat sederhana hanya menggunakan plastik bening tanpa memiliki label produk atau
informasi nama usaha mitra. Dari permasalahan mitra saat ini maka solusi yang akan diberikan
dalam kegiatan ini adalah pelatihan pembuatan labeling kemasan untuk produk usaha mitra.
Pelatihan labeling kemasan dimulai dengan kegiatan sosialisasi untuk kegiatan pengabdian
masyarakat yang telah dilakukan, tahap selanjutnya dilakukan persiapan pembuatan desain label
oleh tim pengabdian masyarakat dan kegiatan ketiga adalah dilakukan kegiatan pelatihan labeling
kemasan untuk produk dipasarkan. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan pengabdian yang
telah berlangsung adalah untuk pemanfaatan teknologi saat ini menjadi sangat cepat penyebaran
informasi produk yang di produksi sehingga mitra mengalami penambahan pesanan melalui media
online yang dapat dilihat dari media sosial yang telah di implementasikan. Kegiatan pengabdian
dengan memberikan labeling kemasan menjadi lebih bermanfaat dengan mencantumkan informasi
nama usaha dan pemesanan.
Kata kunci: Produksi, Kemasan, Desain,Pemasaran,Pengabdian Masyarakat
ABSTRACT
Marketing is one of the activities can be done in the development and expansion of products and
has important role to IRT (home industries) or SME in order to market the products. Partners in
this community engagement are the IRT or SME that produces daily various kinds of snacks such
as donuts, crispy choux, choux pastry. The marketing process used by partners were implemented
in traditional way, where snacks are sold by wrapped them in clear plastic bag without label or the
business name. Based on the problem and demand from partner, solutions were offered on
marketing strategy training and product labeling. The activities were started by community
engagement socialization, continued with preparation on label design, then trained partner to do
labeling for the marketed products. The community engagement activities aim to accelerate the use
of technology to promote the product information through online platform. Marketing through
social media were introduced and business identity design labeled to the products. The given
strategies were proved to be successfully, the product order increased through social media and
the product label become well known in the community.
Keyword: Production, Packaging, Design, Marketing, Community Engagement
Article Details
How to Cite
Wibawa, M. S., Dewi, N. A. N., & Bisma Tatwa, I. G. N. A. (2021). Penyebaran Informasi Dengan Pemanfaatan Teknologi Untuk IRT Etika Jaya Denpasar. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 4(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v4i1.1351
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.