PENDAMPINGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 2 DAN SDN 3 LUMBUNG

Isi Artikel Utama

Ni Putu Octaviani Elisa Putri
Afifah Husna Gusmiati
Jassica Sarimba Randan
Ni Komang Trivika Ayu Sarini
Yuniatri Woli
Tirta Ayu Ginawai
Dionisia Marcelina Freitas Belo
Dewi Aprilia Siskowati
Ni Putu Diah Krismawintari
Ni Putu Widya Astuti

Abstrak

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah salah satu strategi pembangunan nasional yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat pada masyarakat. Salah satu sasaran PHBS adalah sekolah. Tujuan pendampinganPHBS di sekolah adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa, guru, dan masyarakat di lingkungan sekolah agar menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat untuk menciptakan sekolah sehat yang mendukung proses belajar dan mengajar. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu berupa sosialisasi yang terdiri dari penyampaian materi, penayangan video animasi, sesi tanya jawab, dan pemasangan poster PHBS di lingkungan sekolah. Materi yang disampaikan adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara sikat gigi yangbaik dan benar, konsumsi makanan gizi seimbang, berolahraga secara teratur, membuang sampah pada tempatnya, dan penggunaanjamban yang bersih dan sehat. Peserta dalam pendampingan PHBS adalah siswa- siswi kelas 1-6 di SDN 2 Lumbung dan SDN 3 Lumbung. Peserta pendampingan tampak aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal itu terlihat dari kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan dan mempresentasikan kembali di depan kelas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Octaviani Elisa Putri, N. P., Husna Gusmiati, A., Sarimba Randan, J., Trivika Ayu Sarini, N. K., Woli, Y., Ayu Ginawai, T., … Widya Astuti, N. P. (2024). PENDAMPINGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 2 DAN SDN 3 LUMBUNG. Paradharma: Jurnal Aplikasi IPTEK, 8(2), 19–23. https://doi.org/10.36002/jpd.v8i2.4880
Bagian
Articles

Referensi

Aprilia Mega Rosdiana. 2019. Sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 15(2):1–23.

Ayu, S. M., Kurniawan, A., Ahsan, A. Y., & Anam, A. K. 2018. Peningkatan Kesehatan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak Dini di Desa Hargomulyo Gedangsari Gunung Kidul, Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1):20.

BKKBN. 2023. Disusun oleh: Tim Penyusun Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Availablefrom: https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/10524/intervensi/519927/sosialisasi-phbs

Husna, I., & Marcellia, S. 2019. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa SD Negeri 5 Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati, 2(1).

Kemendikbud. 2021. Disusun oleh: Tim Penyusun Direktorat Sekolah Dasar. Available from: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Kemensos RI. 2022. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); PenguatanKapabilitas Anak dan Keluarga. Available from: https://kemensos.go.id/perilaku-hidup- bersih-dan-sehat-phbs-penguatan-kapabilitas-anak-dan-keluarga.

Kemenkes. 2016. PHBS. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs

Nurfadillah, A. R. 2020. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Clean and Healthy Living Behavior in School During the Adaptation of New Habits (New Normal). 1–5. Available from: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpkm/index

Sugiritama, I. W., Wiryawan, I. G. N. S., Ratnayanthi, I. G. A. D., Arijana, I. G. K. K., Linawati, N. M., & Wahyuniari, I. A. I. 2021. Pengembangan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan, Buletin Udayana Mengabdi, 20(1): 64. https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i01.p11

Taryatman. 2016. Untuk Membangun Generasi Muda Yang Berkarakter. Taryatman, 3(1), 6. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/259042- budaya-hidup-bersih-dan-sehat-di-sekolah-e30972f8.pdf