Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan di Masa Pandemi Covid-19 pada Senja Coffee Bali

Isi Artikel Utama

Putu Aditya Wiwekananda
I Gusti Bagus Rai Utama
I Gede Agus Mertayasa

Abstrak

Coffee Shop merupakan tempat yang menawarkan jenis kopi yang lebih dominan dari pada non-kopi dan terletak di area yang santai dan nyaman. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan di masa pandemi pada Senja Coffee Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif non-hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT dalam hal strategi SO, pihak manajemen Senja Coffee menggunakan Strategi peningkatan kualitas produk dengan lebih memperdalam dalam proses pemasaran menggunakan media sosial sehingga kualitas produk yang dimiliki dapat diketahui oleh banyak konsumen. Strategi ST, pihak manajemen Senja Coffee dapat meningkatkan pelayanan dengan membuat papan penunjuk jalan serta penunjuk parkir di Senja Coffee, memperluas dan memperbaiki lokasi indoor di Senja Coffee. Strategi WO, pihak manajemen Senja Coffee mendapatkan harga yang berubah-ubah harus di imbangi dengan persaingan yang sangat ketat, senja coffee dapat memanfaatkan area outdoor sebagai brand image kenyamanan di Senja Coffee. Strategi WT, pihak manajemen Senja Coffee dapat Memberikan promosi agar daya beli masyarakat meningkat di Senja Coffee.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putu Aditya Wiwekananda, I Gusti Bagus Rai Utama, & I Gede Agus Mertayasa. (2023). Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan di Masa Pandemi Covid-19 pada Senja Coffee Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(1). https://doi.org/10.36002/jd.v2i1.2447
Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahman, N.H., (2015). Manajemen strategi pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Assauri, S., (2016). Manajemen operasi produksi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Astiti, N.M., (2019). Analisis Metode SWOT Untuk Strategi Pemasaran Berdasarkan Matriks Internal-Eksternal (IE). Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer. Vol. 05, No. 02 Okt 2019.

Daft, Richard.L & Marcic, Dorothy, (2013). Management The New Workplace (8th ed). Canada: South Western Cengage Learning.

Dewi, N.L.A.D.S., Suryawardani, I.O. and Sarjana, I.D.G.R., (2016). Strategi Pemasaran Kopi pada Perusahaan Kopi Banyuatis. Journal of Agribusiness and Agritourism, p.44911.

Diana, A. and Tjiptono, F., (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Andi Offset.

Yogyakarta.

Dj, Y.R., (2017). Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioning Produk Dengan Pendekatan Analisis Swot Untuk Peningkatan Penjualan Pada Ud. Surya Gemilang Motor Di Surabaya. Jurnal Ekbis, 17(1).

Firmansyah, M.A. and Mochklas, M., (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1).

Firmansyah, M.A., 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Hamel dan Prahalad. 1995. Management.Tata McGraw Hill: New Delhi.

Hendrayani, D.A., (2021). Segmentation, Targeting dan Positioning. Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep), p.53

Hidayat, R., (2021). Analisis Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan SWOT Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). Jurnal Ekonomi.

Ismanto, J., (2020). Manajemen Pemasaran. Banten: UNPAR PRESS.

Islamic, N. M.-I.-E. A. R. J. on, dan undefined. (n.d.). (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista.

Johnson, G. and Scholes, K., (2016). Exploring Corporate Strategy-Text and Cases.

Hemel Hempstead: Prentice-Hall.

Kotler, P & Armstrong, G., (2014). “Principles of Marketing†(14thEdition).

Pearson, New Jersey.

Kotler, P & Kevin, K,L., (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Luthfia, W. E., (2012), ‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Kofisyop Tembalang’, Journal of Economics and Business Undip, p.36928.

Nelwan, O.S. and Artika, T., (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01).

Purba, A.P.A., (2019). ‘Analisis Strategi Bersaing Cafe the Coffee Town dalam Menghadapi Persaingan Bisnis’, Journal of Faculty Administration Business Universitas Sumatera Utara.

Putri, T.A., (2020). ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Okui Di Surabaya’, Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rahmawati., (2016). Manajemen Pemasaran, Samarinda, Mulawarman University Press.

Rangkuti, F., (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S.P. and Coulter, M., (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P. Jakarta: Erlangga.

Siagian, S.P., (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-24. Jakarta: Bumi Aksara.

Situmorang, S. H., dan Muhammad L., (2012). Analisis Data: Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.

Sugiyono, S., (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono., (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tra, Anh, (2016). ‘The Importance of Marketing in Developing the Café-Deli Model in Finland’.

Tjiptono, F., (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset. Tjiptono, F., 2015. Strategi Pemasaran. Jakarta: Edisi 4.

Tjiptono, F. & Gregorius C., (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Utama, IGBR., Mahadewi, NME. (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Veritya, V., Adrian, F. & Farradia, Y., (2019). ‘Analisis Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop Di Bogor Studi Kasus Pada Ruang Kopi Dan Syahaba Coffee’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen.

Wei, C., (2016). Marketing Strategy for Setting Up an Own Coffee Shop in China’, Centria University of Applied Sciences Degree Program

Wibowo, D.H. and Zainul Arifin, S., (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).