Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotek Segina Denpasar

Main Article Content

Feby Wulandari
Ida Bagus Kurniawan
Putu Steven Eka Putra

Abstract

Berdasarkan observasi iklan dan kualitas pelayanan di Apotek Segina kurang optimal. Iklan yang efektif dan kualitas pelayanan yang tinggi merupakan kombinasi penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh iklan dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh data konsumen pada Apotek Segina. Sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu 50 sampel. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dilakukan pengujian hipotesis dengan dukungan aplikasi SPPS versi 26. Nilai konstanta (a) memiliki nilai positif sebesar 1,737, Koefisien regresi X1 = 0,738 dan Koefisien regresi X2 = 0,678. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai dari Signifikansi untuk pengaruh X1 terhadap Y sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3.981 > t tabel 2,011, maka ditarik kesimpulan jika H0 ditolak maka H1 diterima dan Nilai dari Signifikansi untuk pengaruh X2 terhadap Y sebesar 0,001 < 0,05 dan hasil dari t hitung 4,145 > t tabel 2,011, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak maka H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh nilai positif secara parsial dan signifikan antara iklan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Apotek Segina Denpasar. Nilai signifikansi pada pengaruh simultan X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, nilai F hitung sebesar 52,431, nilai F tabel sebesar 3,20. Sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Penelitian menyatakan adanya pengaruh simultan yang signifikan antara iklan dan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan di Apotek Segina Denpasar. Hasil koefisien determinasi sebesar 69,1% dan sebesar 30,9% disebabkan ada faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang belum dibahas dipenelitian ini.

Article Details

How to Cite
Wulandari, F., Kurniawan, I. B., & Putra, P. S. E. (2023). Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotek Segina Denpasar. JAKADIKSI: JURNAL VOKASI, 2(1). https://doi.org/10.36002/jdk.v2i1.2629
Section
Articles

References

Anwar Prabu Mangkunelgaran, (2002), Manajelmeln Sumbelr Daya Manusila, PT. Relmaja Rosda Karya, Bandung

Hartilnil.Y.S. Sylasmono. Sukmajatil.M. Kurnilawan.A. (2016). Pellaksanaab standar pellayanan kelfarmasilan dil apotelk,slelman,Yogyakarta

Sugilyono. Meltodel Pelnelliltilan Kuantiltatilf Kualiltatilf dan R&D. 2009, celtakan kelelnam; Alfabelta, Bandung

Sasmilta,C.Il. & Kurnilawan,Il.B, (2020). Pelngaruh promosil sosilal meldila (dilgiltal markeltilng) telrhadap milnat bellil chatilmel willayah Badung,Balil.